Notification

×

Iklan

Iklan

Melalui Kuliner Daerah, Menjadi Pemersatu Bilateral Antar Mahasiswa Negara

01 November 2023 | Rabu, November 01, 2023 WIB | Last Updated 2023-11-02T04:04:53Z


Serambiupdate.com 
25 Mahasiswa tergabung dalam program Indonesia Internasional Student Mobility Award (IISMA) dalam memperkenalkan kuliner-kuliner khas daerah Indonesia di Nanyang Technological University (NTU) Singapura (26/10).

 

Tujuan dari para mahasiswa tersebut adalah mengenalkan kampus dan negara asal mereka supaya lebih dikenal oleh orang banyak, agar tujuan dari program pertukaran pelajar mahasiswa NTU terlaksana, para mahasiswa IISMA melakukan acara pameran di aula NTU.

 

Igak Satrya Wibawa selaku atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Singapura menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk diplomasi dalam penguatan hubungan antara negara-negara yang disebut dengan gastro-diplomacy.

 

“Cara ampuh dalam berdiplomasi secara internasional salah satu upayanya adalah gastro-diplomacy atau gastromacy,” ujar Igak Satrya.

 

Disisi lain, Chintya selaku koordinator mahasiswa IISMA NTU menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai sarana internasionalisasi bagi para mahasiswa NTU dalam program pertukaran pelajar dengan pelajar lain dari seluruh dunia.

 

“Mahasiswa NTU diharuskan untuk melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan internasionalisasi selama masa belajarnya, salah satu caranya adalah dengan pertukaran pelajar ke berbagai negara lainnya,” tutur Chintya selaku koordinator mahasiswa IISMA NTU.

 

Pameran mahasiswa IISMA di NTU juga ditunjukan supaya mahasiswa NTU lainnya berkenan dan tertarik untuk menempuh pendidikan di Indonesia, sehingga dapat membantu pembangunan dan perekonomian Indonesia.

 

Selama memperkenalkan pendidikan yang ada di Indonesia, mereka menjajakan kuliner khas daerah yang ada di Indonesia seperti makanan tradisonal Jawa Tengah yaitu klepon dan lupia. Sehingga dapat menarik perhatian orang – orang dan menambah pengetahuan mengenai daerah – daerah uyang ada di Indonesia

 

Wulandari/GJF
=