Notification

×

Iklan

Iklan

Inspirasi 1 PMM 3 Noer Alie belajar Pertolongan Pertama sebagai Tindakan Empati

Minggu, 12 November 2023 | 11/12/2023 10:49:00 AM WIB | Last Updated 2023-11-29T03:52:37Z

Serambiupdate.com Mahasiwa PMM 3 Noer Alie melaksanakan Inpirasi 1 dengan tema Pertolongan Pertama yang dilaksanakan di Hutan Kota Jakarta, Minggu (08/10).

“Kegiatan kita kali ini akan ditemani oleh Kang Angga, beliau merupakan relawan PMI. Hari ini beliau akan mengajarkan bagaimana cara melakukan pertolongan pertama. Teman-teman bisa megamati serta mempraktekan bagaimana cara melakukan pertolongan pertama,” ungkap Mubarak Ahmad, Dosen Modul Nusantara Noer Alie.


Angga menjelaskan tujuan pertolongan pertama dapat mencegah kematian, mencegah cacat, dan mempercepat proses penyembuhan. Sebelum melakukan pertolongan kita perlu 3A. Aman penolong, aman lingkungan, aman penderita. Peserta diajarkan cara dengan petolongan pertama dengan sebutan DRSCAP.


“Pertama kita meminta izin untuk membantu, lalu kita berlutut, beri sentuhan agar kita mengetahui apakah penderita sadar atau tidak lalu cubit penderita pada bagian belakang siku, jika tidak ada respon maka lakukan CPR. Cara menentukan posisi CPR yaitu di ujung ulu hati tambah 2 cari atau setara dengan ketiak. Lakukan comperensif 5 siklus dengan 30 comperensif lalu 2 kali nafas buatan lakukan sampai penderita sadar. Dilanjutkan dengan setelah Praktek ada sesi diskusi,” jelas Angga.


Dari Inpirasi ini diharapkan Mahasiswa dapat melakukan pertolongan pertama kepada orang yang membutuhkan. Karena ini adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki semua orang.


(Shinta/Dyl)

=