Notification

×

Iklan

Iklan

348 Peserta Ikuti Gelar Karya Proyek Sosial Siswa BIM Angkatan III

07 November 2023 | Selasa, November 07, 2023 WIB | Last Updated 2023-11-07T07:50:50Z

 


Serambiupdate.com
- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengadakan Gelar Karya Beasiswa Indonesia Maju (BIM) 2023 melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas). Kegiatan ini berlangsung secara hibrid pada tanggal 1-2 November 2023 di Kantor Kemendikbudristek, Jakarta.

 

Gelar Karya BIM perdana ini mengusung tema Menginspirasi dengan Rasa, Tumbuhkan Asa untuk Indonesia dengan harapan yaitu dapat mendiseminasikan ide proyek peserta sebagai karya nyata peserta program persiapan yang dipersembahkan kepada masyarakat. Kegiatan ini juga diharapkan menjadi pemantik keterlibatan publik untuk menyukseskan proyek sosial yang dilakukan.

 

Terdapat enam tema proyek sosial yang dilakukan oleh peserta Gelar Karya BIM Angkatan III yaitu ekonomi, lingkungan, sosial budaya, kesehatan, teknologi dan lingkungan.

 

Pada kegiatan tersebut terdapat 348 peserta BIM Program Persiapan Sarjana Luar Negeri Angkatan III yang terbagi menjadi 145 kelompok proyek sosial yang akan memamerkan ide proyek sosial mereka kepada publik dan mitra sekaligus membangun ruang kolaborasi sesama peserta.

 

Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) mengatakan, Gelar Karya BIM diselenggarakan untuk mempersiapkan pelajar dalam menempuh pendidikan ke perguruan tinggi berkualitas di mancanegara.

 

“Melalui Gelar Karya BIM akan membuka ruang bagi peserta untuk mempresentasikan proyek sosialnya serta diharapkan memberikan dampak bagi masyarakat luas. Apresiasi setinggi-tingginya saya sampaikan kepada adik-adik atas kerja keras dan kreativitasnya dalam merancang proyek sosialnya. Karya adik-adik membuat optimis bahwa generasi muda Indonesia siap membawa bangsa dan negara melompat ke masa depan dengan prestasi dan inovasi yang luar biasa,” tuturnya.

 

Selain itu, Tatang Muttaqin selaku Staf Ahli Mendikbudristek Bidang Manajemen Talenta juga turut menyampaikan bahwa BIM menjadi landasan penting dalam mendukung manajemen talenta sebagai upaya mendorong prestasi peserta didik.

 

“Dengan memberikan akses pendidikan yang baik, ini membuka pintu bagi peserta didik untuk mengeksplorasi bakat dan minat mereka. Gelar Karya BIM ini memberikan ruang untuk bereksplorasi kepada peserta BIM Program Persiapan Sarjana Luar Negeri,” ucap Tatang.

 

(Alifia Angel/adp)

=