Notification

×

Iklan

Iklan

Filosofi Kuat Dibalik Logo Milad Uhamka Ke-66

08 November 2023 | Rabu, November 08, 2023 WIB | Last Updated 2023-11-08T02:18:02Z


Serambiupdate.com 
- Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) meluncurkan logo baru dalam kesempatan Milad ke-66 pada tanggal 18 November 2023. Milad Uhamka ke-66 mengusung tema Uhamka Mendidik: Ikhtiar Menyelamatkan Semesta.

 

Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka menuturkan bahwa pemilihan warna pada logo ini tidak sembarangan, tetapi terdapat makna ketika menggunakannya.

 

“Warna yang dipilih dan digunakan untuk angka 66 yaitu kuning dan biru. Warna kuning memiliki makna optimisme dan harapan. Warna kuning bisa memberikan kesan optimis dan keyakinan akan masa depan yang cerah. Dan warna hijau tosca memiliki makna tentang keseimbangan emosional, stabilitas, ketenangan, dan juga kesabaran,” tutur Prof Gunawan.

 

Prof Gunawan menambahkan, tidak hanya pemilihan warna saja yang memiliki filosofi, tetapi juga elemen-elemen yang tercantum pada logo memiliki makna tersendiri.

 

“Bentuk angka 66 ini tidak hanya angka biasa, tetapi terdapat elemen yang memiliki estetika ketika dilihat. Pertama terdapat logo Muhammadiyah, hal ini menandakan  bahwa Uhamka adalah bagian dari Persyarikatan Muhammadiyah. Kedua ada elemen ombak, ombak ini sering diasosiasikan dengan kekuatan alam yang besar. Ombak dapat mewakili kekuatan, ketahanan, atau kemampuan untuk bertahan di tengah badai atau kesulitan. Ketiga adanya bulan sabit yang diartikan sebagai simbol kemajuan, harapan dan prestasi. Keempat mencamtukan elemen angin yang berhembus, angin diartikan sebagai simbol keseimbangan. Angin bisa mewakili keselarasan, harmoni, atau keseimbangan antara berbagai aspek dalam sebuah organisasi. Dan ujung lancip pada angka 66 ini artinya memberikan kesan inovatif dan kreatif. Ujung lancip bisa diasosiasikan dengan sudut pandang yang tajam, berpikiran maju, dan solusi-solusi yang unik,” jelas Prof Gunawan.


Logo dapat diunduh pada tautan berikut : http://bit.ly/LogoMiladke-66Uhamka 

=