Notification

×

Iklan

Iklan

Program MBKM Bekali Mahasiswa Keterampilan dan Keahlian

13 Oktober 2023 | Jumat, Oktober 13, 2023 WIB | Last Updated 2023-10-15T10:57:17Z

Serambiupdate.com Kampus Mengajar merupakan sebuah program yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar kelas selama 1 (satu) semester, dengan menjadi mitra guru untuk berinovasi dalam pengembangan strategi dan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif di satuan pendidikan sasaran. Adapun fokus sasarannya pada peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa di sekolah sasaran.


Tawaran mencicipi pengalaman lapangan yang cukup menarik tersebut tak disia-siakan oleh Desy Fitri Ayuni, salah seorang mahasiswi dari Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara (USU). Ia memberanikan diri untuk mendaftar dan mengikuti tahap seleksi dari Kemendikbudristek, dimulai dari pemberkasan, literasi numerasi, survey kebhinekaan dan value clarification test.


Setelah berhasil melewati berbagai tahapan seleksi, Desy berhasil lulus dan mendapatkan kesempatan untuk ikut Program Kampus Mengajar. Ia ditempatkan mengajar siswa/siswi SDN 101810 Biru biru, yang berada di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, selama 4 bulan. Dimulai dari Februari hingga Juni 2023.


Selain mendapatkan konversi SKS sebanyak 20 SKS, Desy juga beruntung karena melalui kegiatan tersebut ia jadi memiliki banyak teman baru yang berasal dari Program Kampus Mengajar di wilayah Sumatera Utara, juga keluarga baru.


"Satu yang paling jelas, mengikuti Program Kampus Mengajar telah memberikan saya pengalaman di dunia kerja, khususnya di bidang pendidikan. Terlebih pada sekolah yang berada di daerah pedesaan. Dari sana saya melihat langsung bagaimana perjuangan dan pengorbanan guru-guru yang ada di daerah-daerah pelosok untuk mengajar. Banyak kesulitan dan tantangan yang harus mereka hadapi," tuturnya.


Banyak hal yang sudah dilakukan Desy selama masa Kampus Mengajar berjalan, seperti melaksanakan program yang telah dirancang bersama tim yang ditempatkan di SD tersebut.


Untuk menciptakan lingkungan berbudaya literasi dan numerasi, Desy dan teman-temannya ikut mendirikan pojok baca dan membuat majalah dinding, dua hal yang berperan besar dalam meningkatkan minat baca di tengah masyarakat.


Pengalaman yang sama juga dirasakan oleh Fitri Ramadani Pohan, mahasiswi Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian USU. Keikutsertaannya dalam Program Kampus Mengajar dimulai dari pengumpulan berkas-berkas administrasi seperti biodata dan transkrip nilai, serta beberapa dokumen pendukung lainnya untuk diseleksi.


Fitri mengakui, banyak sekali keuntungan dan manfaat yang didapatkannya dalam mengikuti kegiatan tersebut, seperti menambah pengalaman, menerapkan ilmu yang sudah didapat selama perkuliahan, mengasah keterampilan kepemimpinan, melatih soft skill seperti public speaking. Keuntungan lainnya yaitu mendapatkan konversi 15 SKS, sehingga sembari melaksanakan kegiatan Kampus Mengajar, Fitri juga dapat mengerjakan penelitian akhir kuliah jika sedang tidak ada kegiatan lain di sekolah.


Wakil Rektor I Universitas Sumatera Utara Edy Ikhsan dalam sambutannya pada sosialisasi Program Kampus Mengajar menegaskan, bahwa program ini merupakan kesempatan yang memberikan peluang sekaligus tantangan kepada para mahasiswa, untuk bersama-sama mengembangkan kompetensi keilmuan, sekaligus menunjukkan peran dan tanggungjawab, serta berkontribusi nyata di tengah masyarakat.


Program Kampus Mengajar juga dapat membantu memperkuat kapasitas perguruan tinggi dalam mendukung pendidikan di daerah-daerah terpencil, berkontribusi dalam pengembangan kurikulum, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Serta membantu meningkatkan akses pendidikan di berbagai lokasi, sehingga memberikan kesempatan lebih banyak bagi siswa untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Melalui kolaborasi antara perguruan tinggi, pemerintah, dan masyarakat, program Kampus Mengajar ini memiliki potensi besar untuk memberikan dampak positif dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih inklusif dan berdaya saing di seluruh negeri.

(Zachra F/Dyl)

=