Notification

×

Iklan

Iklan

Pemerintah Provinsi NTT Miliki Rencana Strtegis untuk Bangun SDM NTT yang Berkualitas

11 Oktober 2023 | Rabu, Oktober 11, 2023 WIB | Last Updated 2023-10-11T07:40:07Z

 


Serambiupdate.com
- Pemerintah Nusa Tenggara Timur berterima kasih atas kolaborasi Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI) antara pemerintah Indonesia dan Australia yang telah membantu meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi anak dan remaja di lima wilayah NTT. Kelima daerah tersebut adalah Kabupaten Nagekeo, Sumba Barat Daya, Sumba Barat, Kabupaten Sumba Tengah, dan Sumba Timur.

 

Sekda NTT Kosmas D Lana menganjurkan berbagai keutamaan seperti inovasi dalam pengembangan sektor pendidikan, untuk meningkatkan mutu pendidikan di NTT.  Pasalnya, pencapaian standar kinerja minimum (MPS) sektor pendidikan di NTT masih rendah dibandingkan wilayah lain di Indonesia.

 

“Rendahnya pendidikan di NTT merupakan ancaman yang serius, padahal pemerintah dan pihak lain sudah banyak berupaya mengembangkan sektor pendidikan dengan banyak indikatornya,” kata Kosmas.

 

Kosmas juga mengatakan, salah satu penyebabnya adalah masih lemahnya GPS pada sektor pendidikan di NTT karena belum adanya laporan kegiatan yang dilakukan. Sebenarnya pemerintah telah menyiapkan berbagai aplikasi melalui aplikasi untuk memudahkan semua pihak dalam menyampaikan laporan, namun tidak dimanfaatkan dengan baik sehingga MPS negara NTT masih rendah karena tidak tertulis di Kementerian Dalam Negeri.

 

“Pemda NTT telah mempunyai rencana strategis (Renstra) pengembangan sektor pendidikan sebagai bagian dari upaya pemerintah mengembangkan sumber daya manusia (SDM) NTT menjadi baik,” tutur Kosmas.

 

Di lain pihak, Hannah Derwent, penasihat pembangunan manusia di Kedutaan Besar Australia di Jakarta, mengatakan proyek konferensi ini merupakan bentuk dukungan Pemerintah Australia dalam pengembangan sektor pendidikan di NTT.

 

“Australia dan NTT memiliki sejarah panjang dalam proyek kolaborasi seperti INOVASI dan pengembangan sektor pendidikan,” kata Hannah.

 

Hannah mengatakan Inovasi merupakan program unggulan Pemerintah Australia untuk mengembangkan sektor pendidikan guna mempercepat hasil pembelajaran siswa dalam bidang literasi dan numerasi. Inovasi yang mulai digarap pada tahun 2016 ini telah membawa perubahan pendidikan melalui kerja sama dengan banyak instansi pemerintah Indonesia seperti Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Bapenas serta Kementerian Agama dan pemerintah NTT. , NTB, Kalimantan Timur dan Jawa Timur. Berbagai hasil diperoleh dari program Inovasi dengan dukungan berbagai organisasi seperti lembaga pendidikan, pemerintah dan banyak mitra sehingga program yang berlangsung di banyak wilayah NTT ini berhasil.

 

“Keberhasilan ini merupakan bukti kekuatan kerja keras, oleh karena itu program seperti Inovasi harus terus dimanfaatkan untuk membantu anak-anak kurang mampu secara ekonomi mendapatkan pendidikan yang berkualitas,” tutup Hannah.

 

Fitri Hidayati/adp

=