Notification

×

Iklan

Iklan

Kemendikbudristek Dorong Penerapan SAN di Lingkungan Perguruan Tinggi

Selasa, 17 Oktober 2023 | 10/17/2023 04:00:00 PM WIB | Last Updated 2023-10-18T08:50:30Z

Serambiupdate.com Maraknya kasus Mahasiswa bunuh diri pada akhir – akhir ini Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Nizam meminta kepada kampus untuk dapat menerapkan konsep Sehat, Aman , Nyaman (SAN).


“Kampus Perlu menciptakan SAN. SAN itu Sehat, Aman, Nyaman” ujar Nizam pada (17/10).


Tidak hanya itu ia bermaksud agar mahasiswa mahasiswa penerus bangsa dapat sehat, baik sehat jasmani, rohani serta sehat psikologisnya, emosional, finansial, dan sosialnya untuk dapat dengan mudah dalam menghadapi suatu masalah yang akan dialami.


“Semuanya itu penting tidak mahal sehat psikologis kalau kampusnya itu menciptakan suasana yang saling sapa, ramah, apalagi saling peduli,” lanjut Nizam memperjelas kampus yang sehat itu seperti apa.


Selain itu Nizam juga memberi tahu bahwa Kemendikbudristek sudah membuat Permendikbudrisstek tentang penanganan dan pencegahan kekerasan baik Bullying maupun kekerasan Seksual, tujuannya agar setiap mahasiswa yang berada dibawah naungan kampus dapat terlindungi dan aman.


”Kasus bullying juga termasuk itu juga penting bisa menjadikan kampus lebih nyaman," jelasnya.


Untuk itu dibuatkannya Permendikbudristek untuk kampus dapat melindungi mahasiswa penerus bangsa dari dapat menghindari mahasiswa terpengaruh dari maraknya kasus kasus bunuh diri karna kurangnya pengawasan dan perhatian kampus serta kurang pedulinya orang orang yang ada disekitar, sehingah Kemendikbudristek dapat menghimbau untuk kampus dapat menerapkan SAN agar Mahasiswa merasa sehat, aman, dan nyaman.

(Maelika/Dyl)

=