Notification

×

Iklan

Iklan

Gencarkan Pemerataan Pendidikan Tinggi di Daerah, Komisi X DPR RI Pusatkan RAPBN Untuk Program Kemendikbud Ristek

08 Oktober 2023 | Minggu, Oktober 08, 2023 WIB | Last Updated 2023-10-09T02:34:09Z


 Serambiupdate.com - Wakil Ketua Komisi X DPR RI mengadakan kunjungan ke Surakarta dalam meninjau dan menelusuri kebijakan pemerintah terkait dalam mensukseskan Program Kemendikbud Ristek yaitu Merdeka Belajar bagi Pendidikan Setara Perguruan Tinggi di Surakarta. (08/10/2023)

 

Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 4 sampai 5 Oktober dengan dihadiri oleh Abdul Fikri sekalaku Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Ahyadi selaku Sekretaris Daerah Kota Surakarta, pimpinan/anggota DPRD Kota Surakarta, Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Surakarta, Ketua Lembaga/Badan Penjaminan Mutu Pendidikan ( LPMP) Provinsi Jawa Tengah, Kepala Dinas Pendidikan, Dewan Pendidikan, PGRI, tokoh pendidikan,  pakar pendidikan Kota Surakarta, dan beberaps pimpinan PTN dan PTS yang ada di Surakarta.

 

Abdul Fikri selaku Wakil Ketua Komisi X DPR RI menyampaikan mengenai pentingnya dalam mendukung program Kemendikbud Ristek untuk mewujudkan pemerataan Pendidikan bagi generasi muda terutama di tingkat Perguruan Tinggi baik PTN maupun PTS dalam menunjang Pendidikan Indonesia yang lebih maju.

 

“Komisi X DPR RI selalu memberikan dukungan terhadap program Kemendikbidristek RI dalam meningkatkan pemerataan dan akses Pendidikan untuk jenjang perguruan tinggi bagi para generasi muda bangsa yang berfokus pada peningkatan kualitas terhadap perguruan tinggi baik Negeri maupun Swasta. Kami juga telah membahas dan menyetujui mengenai RAPBN yang akan diutamakan untuk Kemendikbudristek dalam alokasi anggaran untuk Pendidikan sebesar 98,987 Triliun.” Ucap Abdul Fikri.

 

Ahyadi selaku Sekretaris Daerah Walikota Surakarta juga menyampaikan pentingnya peningkatan mutu kualitas Pendidikan daerah lewat bantuan pemerintahan pusat, karena pemerintah daerah hanya mampu berfokus hingga ke jenjang SMP saja.

 

“Kualitas dan Mutu Pendidikan daerah juga harus bisa berkembang. Kami selaku pemerintah daerah hanya bisa berfokus kepada tingkat Pendidikan hingga SMP, sedangkan SMA kan sudah termasuk tanggung jawab pemerintah provinsi. Sehingga saya menilai bahwa bantuan Komisi X DPR RI ini merupakan sebuah Langkah yang bagus dalam menunjang kualitas Pendidikan Perguruan Tinggi di daerah dengan melengkapi fasilitas-fasilitas dan juga kesempatan bagi para generasi muda dalam mewujudkan pemerataan Pendidikan nasional.” Tuturnya.

 

Sri Huning selaku Rektor Universitas Sahid Kota Surakarta juga menyampaikan mengenai permasalah yang dihadapi pimpinan dan keluarga jajaran Universitas Swasta atau PTS dalam mewujudkan pemerataan Pendidikan bagi Masyarakat.

 

“Saya berharap pemerintah pusat dapat meningkatkan jumlah kuota penerima KIP Kuliah terutama bagi PTS di daerah Surakarta yang termasuk salah satu daerah diluar Ibukota. Karena saya menilai KIP Kuliah merupakan sebuah angin segar bagi para Masyarakat dalam mewujudkan cita-cita mereka memberikan Pendidikan yang layak dijenjang perguruan tinggi bagi anak mereka agar bisa kuliah, sehingga dapat terciptanyanya pemerataan Pendidikan yang maksimal di Indonesia.” Pungkasnya.

 

 

(Nanda/GJF)

=