Notification

×

Iklan

Iklan

UPT PLP FKIP Uhamka Siapkan Mahasiswa Menjadi Pengajar Berintelektual melalui Sosialisasi Kedua

14 September 2023 | Kamis, September 14, 2023 WIB | Last Updated 2023-09-15T04:16:31Z

 


Serambiupdate.com
- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menyelenggarakan Sosialisasi PLP 2 untuk Mahasiswa Batch 2 di Aula Ahmad Dahlan Lantai 6 FKIP Uhamka, Kamis (14/9).


Acara ini dihadiri oleh Muhammad Dwifajri Wakil Dekan IV FKIP Uhamka, Novianti W Arini selaku Kepala UPT PLP FKIP Uhamka, Sugiono Kepala Divisi Pembinaan Kemahasiswaan, Prestasi, dan Ortom Badan Pembinaan dan Pengembangan Kemahasiswaan Karir dan Alumni (BPPKKA), serta mahasiswa peserta PLP 2 FKIP Uhamka.


Kegiatan ini ditujukan untuk memperkuat pendalaman tentang teknis pelaksanaan mahasiswa peserta PLP 2 di sekolah mitra.


Muhammad Dwifajri Wadek IV FKIP Uhamka menyampaikan dalam pelaksanaan PLP 2 ini, mahasiswa berperan sebagai makhluk pribadi, calon guru, duta Uhamka, dan masa depan bangsa. Maka dari itu, mahasiswa harus menguasai lima kriteria sebagai calon pendidik yang baik diantaranya Komunikatif yaitu responsif dan perhatian; inisiatif dan bertanggung jawab; semangat dan sungguh-sungguh; akhlak seperti bicara sopan, berpakaian rapi, berucap salam, dan tegur sapa; serta habituasi atau pembiasaan.


“FKIP Uhamka ini telah berdiri sejak tahun 1957. Telah banyak investasi kebaikan yang ditanamkan oleh FKIP Uhamka di seluruh bangsa ini, bukan hanya dari dosen-dosennya tapi juga mahasiswa atau alumni Uhamka yang mengiprahkan nilai-nilai agama dan moral di kalangan insan siswa-siswi kita. Maka dari itu jagalah nama baik kalian dan civitas Uhamka. Jadilah guru yang mampu mendidik generasi muda kita menjadi generasi penerus bangsa yang cerdas dan berintelektual,” pungkas Muhammad Dwifajri.


Selanjutnya, Sugiono Kepala Divisi Pembinaan Kemahasiswaan, Prestasi, dan Ortom BPPKKA berpesan kepada para mahasiswa untuk mampu menunjukkan kualitasnya melalui penanaman akhlak yang baik serta kemampuan mahasiswa dalam melaksanakan proses pembelajaran hingga evaluasi pembelajaran.


“Teman-teman merupakan duta Uhamka, yang membawa citra Uhamka kepada adik-adik kita nantinya. Maka mari tunjukkan bahwa kalian mampu menjadi calon pendidik yang cerdas dan memiliki kemampuan dalam mengajarkan adik-adik kita,” sampainya.


Pada acara inti, Novianti W Arini Kepala UPT PLP FKIP Uhamka menjelaskan teknis pelaksanaan PLP menjelaskan beberapa kegiatan mahasiswa selama melaksanakan PLP 2 di sekolah, diantaranya berkoordinasi dengan guru pamong dan DPL terkait aktivitas PLP 2, melaksanakan pertemuan tatap muka sebanyak 8 kali (16 kali untuk PBSI), menyusun portofolio dan luaran kegiatan, melakukan bimbingan dengan DPL minimal 4 kali (8 kali untuk PBSI) melalui SIBAK.


“Mahasiswa juga menelaah kurikulum, strategi, sistem evaluasi, serta pemanfaatan IPTEK dalam pembelajaran. Mahasiswa dapat membantu guru melaksanakan tugas pembelajaran dan tugas administrasi, membantu siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler, mengembangkan perangkat pembelajaran oleh guru dan asistensi guru. Guru merupakan profesi yang digugu dan ditiru. Maka persiapkan dengan baik apa yang perlu dipersiapkan” tutur Novanita. 

=