Notification

×

Iklan

Iklan

Dosen FIKES Uhamka Mengedukasi akan Pentingnya Pangan Halal dan Zero Food Waste di Santisart Wittaya School, Thailand

Kamis, 14 September 2023 | 9/14/2023 08:51:00 AM WIB | Last Updated 2023-09-14T01:51:24Z


Serambiupdate.com
- Dosen Program Studi Gizi dan Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) bekerjasama dengan pesantren di Provinsi Pattani, Thailand, yaitu Santisart Wittaya School menyelenggarakan kampanye tentang pangan halal dan zero food waste , Selasa (5/9).

Kegiatan ini merupakan implementasi kerjasama antara Uhamka dan Association of Education and Cultural International (AECI) Thailand. 


Dosen FIKES Uhamka yang terlibat diantaranya Widya Asih Lestari, Rismawati Pangestika, dan Imas Arumsari.


Widya Asih Lestari selaku dosen FIKES Uhamka menuturkan, membuang-buang sisa makanan (food waste) memberikan beberapa dampak, baik untuk kehidupan manusia maupun lingkungan. Membuang makanan sama artinya dengan membuang sumber daya, baik uang, tenaga, maupun waktu yang telah digunakan untuk memproduksi makanan tersebut. 


"Dampak jangka dari meningkatknya food waste adalah menurunnya ketahanan pangan karena banyaknya sumber pangan yang tidak diproduksi dengan optimal. Thailand merupakan salah satu negara yang memiliki School Lunch Program, sehingga implementasi perilaku makan untuk meminimalisir food waste harus dikendalikan," tutur Widya.


Di lain pihak, Alavi Kriya selaku Kepala Sekolah Santisart Wittaya School,  sangat menyambut baik dan berterimakasih dengan kerjasama antara Uhamka dan Santisart Wittaya School. 


"Saya berharap ini merupakan kegiatan positif untuk siswa dapat berlanjut di tahun berikutnya," ujar Alavi.


=