Notification

×

Iklan

Iklan

Peringati HUT Ke-78 RI, Uhamka Berperan dalam Pendidikan untuk Indonesia Maju

17 Agustus 2023 | Kamis, Agustus 17, 2023 WIB | Last Updated 2023-08-17T12:56:39Z


Serambiupdate.com
 - Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menyelenggarakan Semarak Pesta kemerdekaan HUT Ke-78 RI di Lapangan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Uhamka, Kamis (17/8).

Acara ini turut dihadiri oleh Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka, Anisia Kumala selaku Wakil Rektor I Uhamka, Desvian Bandarsyah selaku Wakil Rektor II Uhamka, Prof Nani Solihati selaku Wakil Rektor III Uhamka, Muhammad Dwifajri selaku Wakil Rektor IV Uhamka, segenap Dekan dan Wakil Dekan di seluruh Fakultas Uhamka, Direktur dan Sekretaris Pascasarjana Uhamka, Nandi Rahman ketua Lazismu Uhamka, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, anak yatim dari berbagai daerah, dan stakeholders Uhamka.


Adapun rangkaian semarak kemerdekaan ini terbagi dalam beberapa rangkaian acara, diantaranya upacara peringatan HUT ke-78 RI, Expo produk unggulan mahasiswa Uhamka 2023, pemberian penghargaan mahasiswa Uhamka berprestasi, dan santunan kepada anak yatim dari Lazismu Uhamka atas pemberian dari keluarga besar Uhamka berupa uang saku dan bingkisan sembako terhadap 500 anak yatim yang tersebar di Jabodetabek.


Prof Gunawan Suryoputro Rektor Uhamka mengungkapkan Pendidikan memiliki peran penting dalam memajukan Indonesia. Uhamka sebagai institusi pendidikan yang unggul turut berpartisipasi dalam kemajuan Indonesia dengan melakukan transformasi yang fleksibel dengan karakter generasi saat ini. 


"Indonesia telah merdeka selama 78 tahun. Kita bisa merasakan kemajuan di berbagai bidang. Begitu pun dengan institusi pendidikan yang mengalami perubahan. Uhamka sebagai institusi pendidikan memiliki peran untuk memajukan Indonesia. Hal ini dapat kita lakukan melalui transformasi dalam berbagai hal. Seperti meningkatkan kinerja baik dosen dan tenaga pendidik, berperan aktif dalam mengimplementasikan catur dharma PTMA melalui pengabdian dan penelitian," pungkasnya.


Dilain pihak, Purnama Syae Purrohman selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Uhamka mengatakan dalam memperingati hari kemerdekaan negara republik Indonesia ke-78, FKIP Uhamka turut mengadakan festival kemerdekaan dan juga expo produk unggulan mahasiswa Uhamka yang terdiri dari 16 stand di lapangan miring FKIP Uhamka.


"FKIP Uhamka akan mengadakan beberapa rangkaian yang akan meilbatkan dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan Uhamka serta siswa jenjang SMA untuk memeriahkan kemerdekaan ke-78. Kegiatan ini bertujuan untuk merajut nilai-nilai kebangsaan kepada masyarakat sekitar. Mulai dari 15 Agustus - 29 Agustus. Lomba-lomba yang ada diantaranya podcast, membaca dan menulis puisi, dan membuat poster. Dan harapan saya Uhamka terutama FKIP sebagai peruguruan tinggi Muhammadiyah harus berkemajuan dan harus dapat menciptakan inovasi-inovasi selaras yang dikatakan oleh presiden Joko Widodo yaitu menjadi Indonesia yang berkemajuan," ujar Purnama

=