Notification

×

Iklan

Iklan

Hadapi Masa Pubertas dengan Bijak, Tim Pengmas Psikologi Uhamka Berikan Psikoedukasi di MTs Muhammadiyah 1 Ciputat

09 Agustus 2023 | Rabu, Agustus 09, 2023 WIB | Last Updated 2023-08-09T12:43:10Z


Serambiupdate.com
 - dan dosen Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) melakukan pengabdian masyarakat yaitu Psikoedukasi di MTs Muhammadiyah 1 Ciputat, Kamis (20/7).


Acara ini turut diikuti oleh beberapa dosen Psikologi Uhamka diantaranya, Ajheng Mulamukti, Bahrudin, Mahesti Pertiwi. Serta mahasiswa Psikologi Uhamka yaitu Mutiara Karina Rizqita dan Erina Nur Faridha.


Ajheng Mulamukti selaku dosen Psikologi Uhamka mengatakan telah mengumumkan data-data terkait kegiatan yang akan dilakukan, adanya beberapa data yang menyinggung mengenai penyimpangan-penyimpangan pada remaja di masa pubertasnya, maka perlu adanya pencegahan dan penyadaran mengenai hal tersebut oleh pihak-pihak yang bersinggungan, baik orang tua, teman, guru dan orang sekitar di lingkungannya. Oleh sebab itu perlu diadakan upaya-upaya dalam pencegahan dan penyadaran yaitu edukasi seksual berbasis agama.


"Tim kami telah menganalisa permasalahan yang ada diantaranya, kurangnya informasi terkait materi edukasi seksual yang relevan dengan tingkat usia dan perkembangan siswa. Kurangnya materi yang komprehensif dan menyeluruh, termasuk kesehatan reproduktif, pengambilan keputusan bijaksana, dan nilai-nilai moral agama dalam pendidikan seksual. Kurangnya pemahaman akan fase pubertas dan langkah tepat menghadapinya. Untuk menjawab permasalahan tersebut maka kami memberikan pemahaman dan penyadaran lebih mendalam terhadap para remaja yang sedang berada di masa pubertas, khususnya siswa MTs Muhammadiyah 1 Ciputatz," tutur Ajheng.

=