Notification

×

Iklan

Iklan

FEB Uhamka Budayakan Cerdas Investasi Saham Reksadana Era Digital

27 Juli 2023 | Kamis, Juli 27, 2023 WIB | Last Updated 2023-07-27T07:09:49Z

 


Serambiupdate.com 
Pengabdian Kepada Masyarakat yang digelar oleh kelompok 22 Program Kepada Masyarakat (PKM) Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) menjalani salah satu kegiatan kerjasama dengan SMK Islam PB Soedirman 2 yang mengadakan seminar “OBSESI” dengan tema Cerdas Belajar Investasi Saham Reksadana Era Digital, Selasa (25/7).


Kegiatan ini turut dihadiri oleh Ikah Atikah selaku Kepala Sekolah SMK Islam PB Soedirman 2, beserta Aris bagian Akademik SMK Islam PB Soedirman 2, dan Faizal Ridwan Zamzany selaku Dosen Pembimbing PKM Kelompok 22 FEB Uhamka, beserta Jetki selaku Bagian Staff Administrasi dan Umum FEB Uhamka, sekaligus narasumber serta 45 siswa dari kelas XI dari dua Jurusan yang berbeda, yaitu Akuntansi dan Perbankan Syariah yang menjadi bagian peserta dan tiga guru pendamping.


Adanya kegiatan ini merupakan salah satu tugas dari mata kuliah Pengabdian Kepada Masyarakat. Bertujuan agar mahasiswa dapat terlatih untuk bisa bekerja sama dalam menjalani tali silaturahmi pada PKM  dan dapat bertanggung jawab apa yang dikerjakan.


Kegiatan Seminar yang dilakukan dengan mengusung tema “Cerdas Belajar Investasi Saham Reksadana Era Digital” ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada pelajar agar dapat memahami investasi di era digital.


Kegiatan Seminar ini diisi dengan dua pemateri oleh dosen pembimbing yaitu Faizal Ridwan Zamzany dengan judul “Yuk, Cerdas Berinvestasi”. Ia mengatakan bahwa tabungan milenia lebih kecil dibandingkan dengan tabungan Baby Boomers tetapi pengeluaran untuk lifestyle milenial lebih besar dibandingkan dengan lifestyle Baby Boomers. Hal itu untuk mengatur kebutuhan masa depan kaum milenial & Gen Z supaya menghasilkan surplus maka diperlukan perencanaan keuangan yang baik. Beliau juga memberikan checklist bahwa sebelum berinvestasi dan mewaspadai banyaknya investasi bodong.


“Pada masa yang serba maju saat ini, pengeluaran generasi milenial lebih besar dari pengeluaran Baby Boomers, padahal lebih sedikit tabungan milenia yang disimpan untuk saving. Maka anda perlu merancang keuangan yang baik agar kebutuhan bisa terpenuhi bahkan bisa surplus,” ujar Faizal Ridwan Zamzany.


Pemateri Kedua yaitu Jetki membawakan materi “Pentingnya Investasi Bagi Kaum Millenial”. Ia mengatakan bahwa Investasi merupakan kegiatan penanaman modal dengan mengharapkan mendapatkan keuntungan di kemudian hari untuk hari tua nanti dan berfokus pada jangka panjang. Menurutnya sebelum berinvestasi kita harus mempunyai ilmu dalam Money Management, Investment Psychology dan Investment Portfolio.


“Investasi adalah kegiatan penanaman modal. Dari situ lah diharapkan munculnya keuntungan di masa depan untuk kita simpan sebagai bekal di hari tua. Berarti ini sifatnya jangka panjang,” pungkasnya.


Kegiatan ini berlangsung secara interaktif dengan para siswa-siswi SMK Islam PB Soedirman 2. Dengan dua pemaparan materi investasi serta adanya games yang membuat bertambah semangat para siswa-siswi.

=