Notification

×

Iklan

Iklan

Rektor Uhamka Minta Auditor Kendalikan Mutu Uhamka Agar Terus Lebih Baik

05 Juni 2023 | Senin, Juni 05, 2023 WIB | Last Updated 2023-06-05T08:11:31Z


Serambiupdate.com
- Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) melaksanakan Penyegaran Auditor Internal Uhamka dengan tema Auditor Unggul, Uhamka Maju di Aula AR. Fachrudin lantai II Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Uhamka, Senin (5/6).

 

Acara ini dihadiri oleh Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka, Ishaq Nuriadin selaku Ketua LPM Uhamka, Lutfi Syafahi Sekretaris LPM Uhamka, anggota LPM Uhamka, dan Auditor Internal Uhamka.

 

Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka menuturkan bagi auditor poin pertama yang harus selalu diingat bahwa bukan prodak akhir tetapi mutu itu merupakan proses yang terus-menerus, dalam proses ini yang dicapai adalah kualitas yang lebih baik. Jadi yang harus dibayangkan auditor adalah mutu itu setiap hari kedepan itu harus lebih baik, sesuai dengan keyakinan yang diyakini yaitu hari esok lebih baik dari hari ini atau disebut dengan continuous improvement.

 

“Disinilah tugas bapak dan ibu melakukan pengendalian, inilah fungsi utama dari penjaminan mutu. Yang melakukan siklus Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan (PPEPP)  itu prodi sendiri, auditor hanya mengecek saja. Tetapi saya berharap bapak dan ibu betul-betul konsisten dan tekun sebagai auditor sehingga nanti setiap audit sudah terbiasa dan cepat memberikan hasil,” tutur Prof Gunawan.

 

Prof Gunawan mengingatkan kepada para auditor untuk hafal kebijakan terkait regulator atau kemendikbudristek. Selain kebijakan regulator yang terkait, auditor juga harus paham dengan kebijakan di Uhamka sesuai bidang yang diaudit. Kemudian catatan kedua kepada auditor, saya berharap memiliki wawasan yang lebih luas dan memiliki standar pendidikan yang lebih untuk memacu peningkatan itu. Lalu catatan ketiga, auditor bukan hanya pengalaman, ketajaman, tetapi juga mental ini merupakan catatan penting.

 

“Mari kita bersama-sama meningkatkan kualitas pendidikan Uhamka khususnya pendidikan dan pengajaran, sehingga kita bisa mempertahankan keunggulan Uhamka. Semoga acara penyegaran ini sukses dan siap untuk mengaudit prodi,” tambah Prof Gunawan.

 

Sementara itu, Ishaq Nuriadin selaku Ketua LPM Uhamka dalam laporannya menyampaikan bahwa unsur auditor Uhamka telah selesai proses perekrutan auditor yang baru dari dosen dan tenaga kependidikan. Ia mengatakan sudah 77 auditor yang telah diundang dalam acara penyegaran ini.

 

“Pada kegiatan ini akan dikuatkan kembali teknik simulasi auditor dengan rujukan evaluasi melalui rekomendasi atau saran perbaikan. Sistem penjaminan mutu kita sesuai dengan peraturan menteri Kemendikbudristek tahun 2016 bahwasanya PPEPP ini harus diimplementasikan setiap tahun. Maka kegiatan hari ini merupakan rutinitas LPM Uhamka untuk melatih auditor untuk mengaudit. Tentu dengan adanya tatantangan tersebut, mari kita bersama-sama membangun kualitas mutu di lingkungan Uhamka,” ujar Ishaq.


=