Notification

×

Iklan

Iklan

Digitalisasi dalam Literasi Digital Mampu Cerahkan Dunia Pendidikan

16 Juni 2023 | Jumat, Juni 16, 2023 WIB | Last Updated 2023-06-16T04:41:11Z


Serambiupdate.com - Digitalisasi telah menyebar ke sektor pendidikan yang tak banyak berubah banyak tetapi bedanya kini telah melibatkan peran teknologi.

 

Inovasi teknologi dalam pendidikan atau EduTech berasal dari dua kata yakni education (pendidikan) dan technology (teknologi) adalah sebuah kolaborasi pendidikan dengan teknologi.

 

Kolaborasi ini dapat berupa software maupun hardware yang digunakan untuk menunjang pembelajaran. Software yang dimaksud seperti  aplikasi atau platform elearning, portal instansi, dan lainnya. Sedangkan, hardware pendukung seperti perangkat yang digunakan, laptop, smartphone, dan perangkat keras penunjang pembelajaran.

 

EduTech mulai diterapkan oleh beberapa instansi sehingga literasi digital sangat berperan penting terhadap kesuksesan, keberhasilan, dan implementasi penerapan EduTech. Dalam hal ini, literasi digital mengacu pada kemampuan untuk menggunakan teknologi digital dengan efektif dan bertanggung jawab.

 

Sehubungan dengan teknologi yang sudah menjadi bagian dari pendidika, hal ini membuat pelajar, pengajar, dan administrator kini bergantung pada teknologi. Oleh karena itu, penting bagi mereka untuk memiliki fondasi literasi digital yang kuat.

 

Literasi digital dapat memberdayakan pelajar untuk terlibat aktif dalam pembelajaran melalui fondasi literasi digital yang kuat, pelajar dapat meng-explore platform dan sumber daya digital untuk menjangkau informasi dan pengetahuan yang baru. Selain itu, literasi digital juga membekali pelajar kemampuan mengevaluasi kredibilitas sumber online sehingga mendorong pemikiran kritis dan pengambilan keputusan yang tepat.

 

Dilain hal, literasi digital penting untuk guru dalam memfasilitasi integrasi teknologi secara efektif dalam aktivitas mengajar sehingga para pengajar dapat mengeksplorasi dan bereksperimen dengan alat EduTech.

 

Dengan demikian, adanya literasi digital ini memungkinkan para pengajar menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan interaktif sehingga dapat meningkatkan motivasi dan prestasi siswa.


(SAN)

=