Notification

×

Iklan

Iklan

IAKMI Eratkan Silaturahmi melalui Halal Bihalal 1444H IAKMI dan Pelantikan Pengurus Daerah IAKMI DKI Jakarta

24 Mei 2023 | Rabu, Mei 24, 2023 WIB | Last Updated 2023-05-24T06:29:57Z


Serambiupdate.com - Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) melalui Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dengan Pengurus Pusat Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (PP IAKMI) adakan MoU serta Halal Bihalal dengan tema Rekatkan Silaturrahmi, Kuatkan Sinergi, untuk Kesehatan Negeri dan Pelantikan Pengurus Daerah IAKMI DKI Jakarta, Aula Fachrudin lantai 2 Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Uhamka, Senin (22/5).


Acara ini turut dihadiri oleh Anwar Abbas selaku Badan Pembina Harian (BPH) Uhamka sekaligus Ketua PP Muhammadiyah, Prof Nani Solihati selaku Wakil Rektor III Uhamka, Ony Linda selaku Dekan Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan (FIKES) Uhamka, Diono Susilo Y selaku Sekretaris Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia (KTKI) sekaligus mewakili Dirjen Nakes Kementerian Kesehatan RI, Agustin Kusumayati selaku President Asia Pacific Academic Consortium for Public Health, Dedi Supratman selaku Ketua Umum PP IAKMI, Ede Surya Darmawan selaku Ketua Majelis Pakar PP IAKMI, Narila Mutia Nasir selaku Ketua Pengda IAKMI DKI Jakarta, Sumarjati Arjoso selaku Wakil Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi PP IAKMI, Pengda dan Pengcab IAKMI se-Jabodetabek dan stakeholders Uhamka, serta secara daring dihadiri juga oleh seluruh Pengda IAKMI yang tersebar di 34 Provinsi.

 

Anwar Abbas Ketua PP Muhammadiyah dan Wakil Ketua Umum MUI Periode 2020-2025 mengungkapkan bahwa kesehatan dan pendidikan merupakan aspek yang penting dalam kehidupan. Tingkat pendidikan yang tinggi dapat mengantisipasi tingkat kemiskinan, dan persentase kesehatan yang tinggi dapat meningkatkan produktivitas masyarakat. Maka dari itu Muhammadiyah memiliki perhatian yang tinggi kepada dua bidang tersebut. Selain itu, terkait dengan pengangkatan Pengurus Daerah DKI Jakarta, Anwar Abbas berpesan agar para pengurus dapat membangun tali batin yang baik, agar menjadikan IAKMI yang memiliki persatuan dan kesatuan yang baik.


“Semakin tinggi tingkat pendidikan maka semakin rendah tingkat kemiskinan. Semakin tinggi perhatian kita pada kesehatan, semakin tinggi pula produktivitasnya. Maka dari itu Muhammadiyah berfokus untuk meningkatkan dua bidang tersebut. Selain itu, saya ucapkan selamat kepada para pengurus IAKMI DKI Jakarta, lekatkan tali batin dan tali rasa yang ada. Apabila silaturahmi tersebut terjalin dengan baik, maka persatuan dan kesatuan di kalangan IAKMI semakin baik. Itu menunjukkan kekuatan dari organisasi ini,” ujarnya.


Narila Mutia Nasir Ketua Pengda IAKMI DKI Jakarta menyampaikan IAKMI DKI Jakarta telah pengurus cabang di lima wilayah di DKI Jakarta meliputi Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Kepulauan Seribu untuk melengkapi pengurus cabang yang telah ada sebelumnya yaitu Jakarta Timur. Menurutnya, Jakarta merupakan wilayah heterogen yang masih memiliki masalah kesehatan, mulai dari stunting hingga infeksi. Ia harap IAKMI DKI Jakarta di tingkat daerah dan cabang dapat menjawab tantangan untuk berkontribusi dalam menyelesaikan masalah tersebut.


“Silaturahmi ini merupakan upaya IAKMI untuk meningkatkan kolaborasinya dengan berbagai sektor, mulai dari sektor akademik, bisnis, hingga masyarakat. Kolaborasi yang dilakukan dengan berbagai pihak diharapkan dapat menjawab tantangan di masyarakat, khususnya dalam bidang kesehatan,” lanjutnya.


Dedi Supratman Ketua Umum IAKMI menyampaikan apresiasi dan selamat kepada pengurus IAKMI yang telah dilantik. Pelantikan ini menjadi akar kepercayaan dan peningkatan komitmen bagi IAKMI untuk menjadi organisasi yang lebih baik kedepannya sehingga dapat membangun kesehatan masyarakat yang optimal. Ia pun berharap silaturahmi ini dapat mengembangkan forum diskusi yang lebih interaktif.


“Selamat kepada para pengurus IAKMI yang telah dilantik. Semoga kepengurusan yang baru ini dapat menjadi wadah dalam meningkatkan kepercayaan dan komitmen bagi IAKMI untuk menjadi organisasi yang lebih baik sehingga mampu menciptakan lingkup kesehatan masyarakat yang maksimal di masa depan. Silaturahmi ini juga sebagai ajang untuk pengembangan forum yang lebih interaktif kedepannya,” pungkasnya.


Selanjutnya, Prof Nani Solihati Wakil Rektor III Uhamka mengungkapkan apresiasi dan rasa terima kasih kepada IAKMI yang telah memercayakan Uhamka sebagai media silaturahmi anggota IAKMI. Menurutnya kesehatan merupakan aspek kehidupan yang utama yang harus dijaga dan ditingkatkan. Prof Nani juga mengucapkan selamat bertugas kepada pengurus daerah IAKMI DKI Jakarta yang telah dilantik.


“Kesehatan merupakan aspek yang penting untuk kita jaga dan kita tingkatkan. Terima kasih kepada IAKMI yang telah memercayakan Uhamka sebagai media silaturahmi antara pengurus maupun anggota IAKMI DKI Jakarta. Selamat bertugas kepada teman-teman yang telah dilantik, semoga amanah dan terus bersinergi untuk menciptakan IAKMI yang lebih baik di masa depan,” sampainya.


Ede Surya Darmawan selaku Ketua Majelis Pakar PP IAKMI mengatakan bahwa di momen idulfitri ini bukan hanya siltaruhami tetapi juga saling memaafkan satu sama lain agar kedepan menjadi pribadi yang lebih baik lagi.


"Maka mari kita perbaiki hubungan kita agar Indonesia lebih baik lagi, jayalah IAKMI, jayalah bangsaku," kata Ede.

=