Notification

×

Iklan

Iklan

ULM Targetkan Kembali Perolehan Akreditasi Unggul dari BAN-PT

28 Maret 2023 | Selasa, Maret 28, 2023 WIB | Last Updated 2023-03-28T07:08:06Z


Serambiupdate.com Prof. Ahmad Alim Bachri selaku Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menyatakan tekadnya untuk meningkatkan kualitas pendidikan guna mempertahankan peringkat Akreditasi A (Unggul) yang telah diperoleh oleh institusi pada tahun 2019.


"Penting bagi perguruan tinggi untuk menjaga dan terus meningkatkan mutu, ini menjadi komitmen ULM sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik dan terbesar di Kalimantan agar mempertahankan Akreditasi Unggul," ucap Alim di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Senin.

 

Alim juga mendorong penggunaan strategi dan upaya perbaikan berkelanjutan guna mencapai kualitas terbaik, baik di tingkat universitas maupun pada program studi yang mencakup aspek-aspek yang berbeda, dengan mengacu pada sistem yang berlaku.

 

“Perlu adanya kerja keras dan kerja cerdas serta sinergitas yang kuat seluruh civitas akademik dalam hal mencapai akreditasi terbaik," tutur Alim.

 

Alim memiliki keyakinan bahwa ULM dapat memperoleh peringkat Akreditasi A (Unggul) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk lima tahun ke depan setelah masa berlaku Akreditasi A yang berakhir pada 19 Maret 2024.

 

Alim mempertimbangkan semua kriteria kualitas yang dapat dipenuhi oleh ULM berdasarkan Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi untuk memperoleh peringkat Akreditasi Unggul.

 

Selain itu, Alim menyatakan bahwa ULM telah termasuk dalam klaster mandiri atau klaster perguruan tinggi terbaik bersama 40 perguruan tinggi unggulan lainnya di Indonesia untuk tahun 2023, yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

 

Saat ini, ULM memiliki jumlah guru besar sebanyak 73 orang yang merupakan jumlah terbanyak di antara semua perguruan tinggi yang ada di Pulau Kalimantan.

 

Rektor ULM bahkan menargetkan adanya minimal 100 hingga 150 guru besar yang diharapkan dapat tercapai dalam waktu dekat.

 

Alim menganggap bahwa target tersebut adalah realistis, mengingat bahwa ULM memiliki 360 dosen yang telah meraih gelar doktor dan sebagian dari mereka sudah menjabat sebagai Lektor Kepala yang merupakan syarat untuk menjadi guru besar.

 

ULM terus mengembangkan program-program studi baru baik di tingkat S1, S2, maupun S3.

 

Contohnya pada tahun ini, Fakultas Teknik ULM telah membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk program studi Rekayasa Geologi dan Rekayasa Elektro untuk tahun akademik 2023-2024.

 

Tiga program S3, yaitu Administrasi Pendidikan, Bahasa Indonesia, dan Pendidikan IPS, saat ini sedang dalam tahap pengusulan untuk melengkapi enam program doktor yang sudah ada di ULM, yaitu Ilmu Pertanian, Studi Pembangunan, Ilmu Lingkungan, Ilmu Kedokteran, Hukum, dan Ilmu Manajemen.

 

Alim mengungkapkan bahwa ULM terus mendorong optimalisasi pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya peningkatan kinerja dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Hal ini bertujuan agar kontribusi akademisi ULM dapat dirasakan oleh masyarakat luas dan mendukung pembangunan daerah serta nasional.

 

(Umar Syaid/SAN)

=