Notification

×

Iklan

Iklan

Tingkatkan Kebugaran Jasmani Pasca Covid-19, Tim Pengmas PGSD FKIP Uhamka Lakukan Pengabdian Masyarakat

27 Maret 2023 | Senin, Maret 27, 2023 WIB | Last Updated 2023-03-27T07:19:25Z


Serambiupdate.com Tim Pengabdian Masyarakat (Pengmas) yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) yang beranggotakan empat orang dan diketuai oleh Khavisa Pranata selaku dosen PGSD FKIP Uhamka melaksanakan pengabdian masyarakat yang dilakukan selama dua hari pada tanggal 15 dan 16 Maret 2023 dalam rangka mengamalkan catur dharma perguruan tinggi Muhammadiyah yang ketiga. Tujuan dari diadakannya kegiatan pengabdian tersebut adalah untuk membiasakan diri kepada siswa agar tetap menjaga dan meningkatkan kebugaran jasmani baik pasca pandemi Covid-19 maupun pada saat bulan suci Ramadan.

 

Menurut World Health Organization (WHO), 60-85% populasi SI seluruh dunia tidak mendapatkan aktivitas fisik yang cukup. Hal tersebut menjadikan gaya hidup sedentary menjadi faktor risiko keempat terjadinya angka mortalitas penyakit secara global serta meningkatkan risiko hingga dua kalinya terjadi penyakit kardiovaskular, diabetes, obesitas, tekanan darah tinggi, depresi dan anxietas. Selain itu, budaya gerak mampu menjadikan suatu generasi menjadi unggul dan produktif. Namun, hal tersebut perlu terus dibina dan ditingkatkan di tengah generasi muda yang terkontaminasi oleh arus globalisasi yang semakin canggih, hight technology, dan berimplikasi terhadap kurangnya kepedulian mereka terhadap gerak. Oleh karena itu, pasca pandemi Covid-19 ini diharapkan para remaja membiasakan diri untuk selalu aktif bergerak agar tidak terjadi gaya hidup sedentary.

 

Dalam hal ini, upaya yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian tersebut antara lain memperkenalkan konsep dan materi kebugaran jasmani serta manfaatnya, memberikan motivasi intrinsik untuk melakukan aktivitas kebugaran jasmani, melaksanakan aktivitas kebugaran jasmani secara praktis, serta melaksanakan dan mengukur aktivitas fisik agar tidak berlebihan saat berolahraga.

 

Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian tersebut yakni metode ceramah terkait dengan materi yang bersifat teoritik yang dilakukan di Aula Perguruan Alkautsar serta metode demonstrasi dengan memberikan contoh dan mempraktikan macam-macam aktivitas kebugaran jasmani yang dilakukan pada hari ke dua.

 

Ahmad Fahrul Rozi selaku Kepala Sekolah di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Alkautsar Kebayoran Baru Jakarta Selatan menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Uhamka dan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Uhamka karena telah bersedia melaksanakan kegiatan PKM di sekolah SMP Alkautsar. Selain itu, ia mengatakan bahwa kegiatan pengabdian ini sangat bermanfaat karena pada masa pasca pandemi Covid-19 ini diwajibkan menjaga kebugaran jasmani agar lebih kuat dan semangat dalam melaksanakan ibadah.

 

“Saya ucapkan terima kasih kepada tim PKM Uhamka dan juga LPPM Uhamka yang telah bersedia melaksanakan PKM di sekolah SMP Alkautsar. Saya rasa kegiatan ini sangat bermanfaat dikarenakan di masa pasca pandemi Covid-19 ini kita wajib menjaga kebugaran jasmani, apalagi di bulan puasa nanti kita juga tetap harus menjaga kebugaran jasmani agar bisa lebih kuat dan semangat dalam melaksanakan ibadah,” ujar Ahmad.

 

Diakhir kegiatan, peserta menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat karena peserta mendapatkan pemahaman tentang pentingnya kebugaran jasmani dan dapat melaksanakan aktivitas kebugaran di tempat masing-masing sehingga kebugaran jasmani dapat terjaga dan ditingkatkan.

=