Notification

×

Iklan

Iklan

Pelepasan 124 Siswa SMAIT NFBS Bogor Untuk Program Student Exploration 2022/2023

06 Maret 2023 | Senin, Maret 06, 2023 WIB | Last Updated 2023-03-06T04:20:00Z


Serambiupdate.com Pelaksanaan kegiatan Student Exploration 2022/2023 oleh SMAIT Nurul Fikri Boarding School (NFBS) Bogor, melakukan pelepasan untuk para peserta yang mengikuti kegiatan tersebut. 


Ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan pada Student Exploration 2022/2023, di antaranya Student Journey (eksplorasi dalam bentuk perjalanan), Student Exchange (eksplorasi dalam bentuk pertukaran pelajar), dan Internship (eksplorasi dalam bentuk magang).


Program ini diikuti oleh 124 siswa yang terbagi ke dalam kelompok yang berbeda. Peserta mulai berangkat tanggal 18 Februari 2023 sampai 4 Maret 2023 ke tujuan masing-masing. 


Lukman Fajar Purwoko selaku kepala SMAIT NFBS Bogor menjelaskan bahwa kegiatan Student Journey merupakan awal mula dari adanya kegiatan Student Exploration, yang mana Student Journey sudah dilaksanakan sebelum Nurul Fikri Boarding School terbentuk. 


“awal kegiatan ini terlaksana karena meneladani kebiasaan para ulama yang melakukan perjalanan untuk menuntu ilmu,” tutur Lukman, dalam sambutannya, Jumat (03/03/2023). 


Selain itu, Lukman juga menjelaskan bahwa kegiatan Student Journey bukan hanya tentang keberangkatan siswa ke suatu tempat, tetapi siswa juga berpetualang merancang sebuah event dan belajar mencari dana.


“itu bagian dari petualangan juga. Misalnya ada yang bermalas-malasan, bagaimana mengatasi tantangan tersebut. Itu merupakan hakikat dari sebuah perjalanan dan perjuangan,” tuturnya.


Dimulai dari membagikan kelompok, menentukan tempat tujuan, hingga menyusun urgensi perjalanan karena program ini harus disusun dengan rapi dalam bentuk proposal. 


Tidak hanya itu, tantangan selanjutnya adalah budgeting dan fundrising. Hal-hal tersebut tidak mudah dilakukan di tengah kesibukan akademik dan kepesantrenan di area NFBS Bogor. Para peserta ditantang untuk mencari dana secara mandiri ataupun mencari sponsorship dari luar guna mendukung pelaksaan program yang sudah disusun dengan rapi oleh siswa. 


Dari terlaksananya program Student Exploration ini, siswa akan mendapat pengalaman berharga dan ilmu yang bermanfaat untuk dirinya sendiri maupun membawa kemanfaatan bagi orang lain. 
(Adelia Putri/dyl)

=