Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa PGSD UHAMKA Beri Pengalaman Belajar Melalui KKN-Dik di MI Muhammadiyah Cisereh Banten

06 Maret 2023 | Senin, Maret 06, 2023 WIB | Last Updated 2023-03-07T05:21:26Z

 



Serambiupdate.com Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka melaksanakan KKN-Dik (Kuliah Kerja Nyata Pendidikan) di MI Muhammadiyah Cisereh yang beralamat di Kp. Cisereh, RT.002/RW.001, Desa Cisereh, Kec. Cisata, Kab. Pandeglang, Provinsi Banten.

Kegiatan KKN-Dik ini merupakan suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah-tengah masyarakat di luar kampus. Tujuan dari KKN-Dik yang diadakan UHAMKA diharapkan dapat melatih kepekaan dan kepedulian mahasiswa untuk memahami kondisi masyarakat di sekitar tempat tinggal, khususnya dalam bidang pendidikan, serta mngembangkan soft skill dan life skill mahasiswa.

KKN-Dik dilaksanakan selama dua pekan terhitung sejak (12/02) sampai dengan (25/02). Kegiatan ini tentunya dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan, yaitu Mubarak Ahmad dengan mahasiswa yang tergabung dalam kelompok 1 beranggotakan Aera Sabrina Afifa, Anggun Ni’ma Qurrota A’yun, Muhammad Sulistiaji, Nanda Silviana, Puteri Fadhillah Amroh, Nabila Az Zahra, Muhammad Irfan Maulana, Michiko Aulia Nur Azizah, Febriyani Rachman, Via Ivani, dan Andien Dwi Ryzka.

Mahasiswa menjalankan program kerja yang telah dirancang dengan bimbingan dan arahan dari Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) berupa program kerja di sekolah dan program kerja di masyarakat. Selain itu, terdapat program kerja tambahan seiring dengan aktivitas Desa Cisereh. Program kerja di sekolah yaitu, visiting class, pojok baca, menghias kelas dan revitalisasi papan tulis, flashcard huruf hijaiyah, pelatihan kerajinan origami untuk guru, membuat montase bertema pantai, dan membuat es krim. Sedangkan, program kerja di masyarakat yaitu, membimbing Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA), kolaborasi pembaharuan gapura desa, memasang ayunan, dan lomba permainan tradisional gobak sodor. Selain itu, kegiatan tambahan seperti pengajian rutin malam Jum’at dan memberikan penyuluhan gizi di Posyandu Melati 2.

Mubarak Ahmad sebagai dosen pembimbing lapangan memaparkan, “Mahasiswa kami adalah angkatan pertama yang ikut dalam konsep KKN-Dik, yaitu Kuliah Kerja Nyata Pendidikan. Mereka mengabdi di masyarakat dan khususnya dalam bidang pendidikan, seperti membantu mengajar atau membuat perangkat pembelajaran berdasarkan bekal ilmu yang mereka sudah dapat dari kampus. Dengan adanya KKN-Dik ini diharapkan mahasiswa dapat memiliki kecakapan dalam bidang pendidikan dan nantinya menjadi guru yang professional.”

“Program Kerja ini  harus menciptakan sesuatu yang baru yang belum pernah ada dengan memasukkan ide-ide inovatif yang dapat bermanfaat bagi MI Muhammadiyah Cisereh maupun masyarakat. Istilahnya kita dapat mempercantik, memperbaharui, atau menambahkan sesuatu sehingga kembali baru.” Ucap Mubarak.

Sementara itu, Koswaroh, selaku Kepala MI Muhamamdiyah Cisereh mengungkapkan, "Kami dewan guru sangat terharu melihat program kerja dari mahasiswa KKN-Dik yaitu pojok baca, dimana sebelumnya kelas biasa saja menjadi sangat menarik dengan gambar-gambar dan buku-buku yang ada. Ini akan menjadi PR kami untuk melanjutkan apa yang telah dimulai kakak-kakak KKN UHAMKA.” Dengan adanya program kerja pojok baca dan yang lainnya berpengaruh terhadap minat dan motivasi belajar siswa MI Muhammadiyah Cisereh, mereka sangat antusias dalam meningkatkan kegiatan literasi. Dengan hal ini, mahasiswa PGSD UHAMKA berharap kedepannya MI Muhammadiyah dan desa Cisereh semakin maju dan jaya.

=