Notification

×

Iklan

Iklan

Korsleting AC Diduga Sebabkan Kebakaran di Ruang Arsip FKIP Untan Pontianak

15 Maret 2023 | Rabu, Maret 15, 2023 WIB | Last Updated 2023-03-17T06:46:38Z


Serambiupdate.com Arsip-arsip milik negara yang disimpan di ruang penyimpanan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak mengalami kebakaran. Penyebab kebakaran diduga berasal dari korsleting listrik akibat arus pendek dari AC.

 

"Akibat kebakaran ini, seluruh Alat Tulis Kantor (ATK), ijazah, dan transkrip nilai terbakar. Namun semua dokumen yang terbakar itu sebelumnya sudah terdata dan bisa dicetak ulang sehingga tidak ada kendala untuk memperbaikinya," ucap Agus Syahrani, Wakil Dekan 3 FKIP Untan, di Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa, 14 Maret 2023.

 

Agus menjelaskan bahwa pada saat kebakaran terjadi, sebagian besar staf kampus sedang menghadiri kegiatan yudisium di Qubu Resort. Namun, pemimpin dan beberapa staf lainnya yang bertanggung jawab terhadap ruangan yang terbakar, termasuk yang memiliki kunci ruangan, telah tiba di lokasi sejak pukul 06.30 WIB karena acara dimulai pada pukul 07.30 WIB.

 

“Yang memberi kabar adalah satu di antara staf dari ruang akademik yang menginformasikan bahwa adanya asap dari tempat tersebut," jelasnya.

 

Agus juga menyatakan bahwa hanya ada satu orang yang memiliki kunci untuk ruang penyimpanan arsip milik negara tersebut.

 

"Satu di antara staf yang pergi ke lokasi yaitu orang memegang kunci ruang tersebut, sehingga untuk memadamkan api mengalami kendala," ungkapnya.

 

Agus juga mengungkapkan bahwa Pimpinan Fakultas (Dekan) dan beberapa staf mengalami luka pada lengan saat berusaha memecahkan kaca di ruangan tersebut untuk memadamkan api.

 

"Kita pasti akan bertanggungjawab seperti ijazah serta ATK semua akan dilaporkan ke berita acara karena itu barang milik negara, semua harus dilaporkan," kata Agus.

 

Lebih dari 10 mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api yang menjalar di beberapa ruangan akademik FKIP Untan, sehingga asap tebal mengepul di area tersebut.

 

"Alhamdulillah tidak ada kendala dan semua juga merespons dengan cepat, bahkan kami terkejut ada dari pihak pengelola perguruan tinggi sekaligus wakil rektorat 3 turut hadir," ujar Agus.

(Umar Syaid/Dyl)

=