Notification

×

Iklan

Iklan

Dosen FTII Uhamka Membuka Wawasan Anak Sekolah Dasar dalam Bidang Teknologi Rangkaian Listrik Seri Paralel

Minggu, 19 Maret 2023 | 3/19/2023 02:58:00 PM WIB | Last Updated 2023-03-19T07:58:46Z

Serambiupdate.com Tim Pengabdian Masyarakat yang diketuai oleh Rosalina selaku dosen Fakultas Teknologi Industri dan Informatika (FTII) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) bersama dosen FTII lainnya yaitu Nunik Pratiwi, Estu Sindunigrum, dan Akhmad Haqiqi laksanakan kegiatan pelatihan merangkai kit seri pararel di SD Muhammadiyah 03 Kreatif Tangerang Selatan yang didukung oleh Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Uhamka.

 

Rosalina selaku ketua sekaligus Dosen FTII Uhamka mengungkapkan bahwa “kegiatan ini ditujukan dalam rangka pembuktian teori pada mata pelajaran, diharapkan dengan adanya praktikum maka siswa mampu membuat dan mengembangkan daya fikir terhadap materi. Karena itu pembuatan modul praktikum Rangkaian Listrik Seri Paralel di SD Muhammadiyah 03 Kreatif Tangerang Selatan ini kami anggap perlu karena di sekolah ini belum terlalu lengkap peralatan praktikum guna mendukung pembelajaran siswa, dan kurangnya maintenance terhadap alat,” ujarnya.

 

Untuk memberikan penjelasan terhadap materi kerja alat rangkaian seri paralel, tim pengmas mengemas materi dengan sesederhana mungkin agar peserta dalam hal ini merupakan siswa SD kelas 6 bisa menerima dengan lebih cepat dan mengerti.

 

Tim Pengmas memakai alat bantu yang menarik, bentuknya seperti mainan yang disusun secara seri dan paralel. Disamping itu peserta juga diajak untuk mengenal alat ukur digital yang menampilkan nilai dari resistor warna yang mereka ukur dan memperkenalkan kepada siswa mengenai papan untuk merangkai resistor (Project board) yang berwarna warni sehingga peserta antusias untuk meletakan resistor di project board dan megukurkan alat ukur di rangkaian yang mereka buat.

 

Setelah diadakan penjelasan dan melatih merangkai rangkaian seri paralel peserta diberikan postest bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerimaan materi yang difahami oleh peserta, dan hasilnya cukup memuaskan dengan total nilai 69,5 dari rata-rata 10 kelompok.

 

Diujung kegiatan diadakan serah terima alat praktikum yang sudah dirangkai dan alat ukur serta project board ditujukan untuk membantu kegiatan praktikum di lab bersama antara siswa SD dan SMP Muhammadiyah 03 Kreatif Tangerang Selatan.

=