Notification

×

Iklan

Iklan

Program Merdeka Belajar Merupakan Perkembangan Kemajuan Bidang Pendidikan

09 Januari 2023 | Senin, Januari 09, 2023 WIB | Last Updated 2023-01-09T03:20:09Z


Serambiupdate.com Trubus Rahadiansyah, Pakar Kebijakan Publik Universitas Trisakti mengungkapkan Merdeka Belajar yang digagas Kemendikbudristek memungkinkan adanya kolaborasi dan fleksibilitas dalam implementasi.

“Langkah Kemendikbudristek yang mencoba merangkul semua kalangan patut diapresiasi sebagai upaya menjaring sebanyak-banyaknya dukungan publik terhadap pendidikan,” ujar Trubus.


Dirinya berpendapat, di era kemajuan digital dan perkembangan teknologi yang begitu pesat, beban memajukan pendidikan tidak bisa hanya bertumpu pada Kemendikbudristek. Apalagi, di saat yang sama, Indonesia masih dihadapkan pada ketimpangan pendidikan antara kota dan daerah.


“Indonesia butuh transformasi besar, butuh leverage, lompatan untuk pemerataan dalam hal pengetahuan. Pengetahuan di Indonesia saat ini hanya dikuasai wilayah tertentu, dengan Merdeka Belajar cakupan akan lebih luas.” Jelasnya.


Keberadaan berbagai program prioritas seperti Program Guru Penggerak, Program Sekolah Penggerak, serta prototipe Kurikulum Merdeka diharapkan mampu mendorong proses transformasi pendidikan di berbagai lini.


Dia berharap masyarakat menyadari transformasi di bidang Pendidikan tidak bisa dinikmati dalam jangka pendek. Oleh karenanya, ia pun meminta Kemendikbudristek untuk gencar mensosialisasikan berbagai rencananya sekaligus meminta masukan dari para pemangku kepentingan secara proaktif.


“Merdeka Belajar sudah berada pada posisi yang benar, namun memang masih butuh banyak penyempurnaan dan dukungan dari banyak pihak,” pungkas Trubus.

DYL_RPH

=