Notification

×

Iklan

Iklan

Perlunya Mempertahankan Pendidikan di Indonesia yang Sudah Mulai Berkembang

10 Desember 2022 | Sabtu, Desember 10, 2022 WIB | Last Updated 2022-12-10T02:02:24Z

 


Serambiupdate.com
- Margaretha Ari Widowati selaku Direktur Program Pendidikan Dasar Tanoto Foundation mengatakan bahwa kini pendidikan di Indonesia telah menunjukkan kemajuan.

 

"Namun, masih ada hal yang perlu dilakukan untuk memperbaiki kualitasnya. Dalam hal ini, hasil analisis Rapor Pendidikan 2021 di 591 sekolah dan madrasah mitra Tanoto Foundation di 25 kabupaten/kota dan lima provinsi menghasilkan beberapa temuan menarik," ujar Ari di Jakarta, Senin.

 

Dalam hal ini, ia menjelaskan temuan itu di antaranya yakni hal yang paling mempengaruhi kemampuan literasi dan numerasi siswa adalah kualitas pengajaran dan pembelajaran, terutama dukungan afektif dan aktivasi kemampuan kognitif.

 

"Literasi juga dipengaruhi oleh kepemimpinan kepala sekolah dan keterlibatan orang tua sedangkan di tingkat SMP/Madrasah, literasi dan pembentukan karakter berkaitan erat dengan kemampuan guru untuk melakukan refleksi pembelajaran,” tuturnya.

 

Maka dari itu, hal tersebut yang mendorong Tanoto Foundation bersama Synergy Policies melakukan identifikasi tantangan, praktik baik dan inovasi untuk meningkatkan sebaran pendidikan berkualitas di Indonesia.


ADP/SAN

=