Notification

×

Iklan

Iklan

FTII Uhamka Gelar Seminar Guna Mengatasi Problematika Pangan dan Energi di Indonesia

03 Desember 2022 | Sabtu, Desember 03, 2022 WIB | Last Updated 2022-12-03T05:56:42Z


Serambiupdate.com
- Fakultas Teknologi Industri dan Informatika Universitas Muhammadiyah Prof HAMKA (FTII Uhamka) menggelar Seminar Nasional Teknologi (TEKNOKA 7) dengan tema Kolaborasi Sains dan Teknologi dakam Mengatasi Problematika Pangan dan Energi di Indonesia yang dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom meeting dan live streaming melalui akun Youtube FTII Uhamka, Sabtu (3/12).

 

Seminar nasional ini turut dihadiri oleh Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka, Dan Mugsidi selaku Dekan FTII Uhamka, jajaran Wakil Dekan FTII Uhamka, Yos Nofendri selaku Ketua Pelaksana TEKNOKA 7, narasumber dan peserta seminar TEKNOKA 7.

 

Prof Gunawan Suryoputro slaku Rektor Uhamka dalam sambutannya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas pelaksanaan seminar TEKNOKA 7. Ia mengatakan bahwa, angka 7 tersebut menunjukan bahwa, FTII Uhamka telah melakukan kegiatan ilmiah memasuki tahun ke-7. Tentunya ini harus dilakukan secara konsisten karena merupkan bagian penting dharma perguran tinggi.

 

“Saya mengapresiasi setiap tahunnya baik dari TEKNOKA 1 hingga kini 7, isu-isu yang disampaikan memang sesuai dengan urgensi yang dibutuhkan masyarakat. Hal ini menunjukkan pangan dan energi menjadi problematik dalam kehidupnan kita. Tentu sama-sama kita pahami munculnya krisis krisis pangan dan energi yang harus dimitigasi. Hal pertama dilihat dari sisi manusia sendiri, yang dapat dilihat dari banyaknya manusia berkembang dan perlakuan mereka dengan lingkungan sekitarnya. Begitu juga dengan energi, manusia ini selalu merasa kurang dan mereka akan  mengeksplor sebanyak-banyaknya sehingga munculnya problematika energi. Namun demikian Allah itu akan memberikan solusi seluas luasnya selama manusia itu sendiri betul-betul memiliki pengetahuan ilmu teknologi,” tutur Prof Gunawan.

 

Prof Gunawan menambahkan,  dalam Al-Qu’ran Allah meminta manusia untuk memiliki ilmu, dengan memiliki ilmu kita bisa meningkatkan derajat kita yang lebih baik dan unggul. Dengan memiliki derajat yang unggul, kita dapat berfikir dan mencari solusi dalam mengatasi masalah.

 

“Melalui tema pangan dan energi ini maka FTII tentu akan berkolaborasi untuk memecahkan masalah tersebut.  Oleh karena itu saya sangat bahagia menyambut dan apresiasi kegiatan ini, saya juga berharap narasumber dan peserta dapat menemukan solusi terkait masalah pangan dan energi ini,” tambah Prof Gunawan.

 

Dilain pihah, Dan Mugsidi selaku Dekan FTII Uhamka dalam sambutannya menuturkan, rasa terima kasih untuk Prof Gunawan Suryoputro selaku rektor Uhamka yang membuka kegiatan TEKNOKA 7 dan tim panitia yang sudah bekerja keras untuk menyelenggarakan TEKNOKA7 ini hingga lancar dan suskses. Ia juga mengatakan bahwa kegiatan TEKNOKA ini merupakan kegiatan ruti yang dilakukan oleh FTII Uhamka.

 

“Kegiatan TEKNOKA ini, merupakan kegiatan seminar nasional yang telah dilakukan sebanyak 7 kali secara berturut-turut dengan topik-topik yang terkait kondisi masa kini. Dalam TEKNOKA ini, akan membahas krisis di Indonesia mengenai masalah pangan yang menyebabkan kemahalan harga untuk masyarakat, kemudian kami mengangkat topik untuk mencari solusinya dan dapat memperoleh ide-ide baru dari para peneliti. Semoga kegiatan TEKNOKA ini dapat berjalan dengan lancar dan kita semua bisa mendapatkan hasil terbaiknya,” ujar Dan.

 

Selanjutnya, Yos Nofendri selaku Ketua Pelaksana TEKNOKA 7 mengatakan bahwa latar belakang pemilihan tema ini terkait dengan terjadinya krisis pangan dan energi akibat dari dampak panjang Covid-19 dan Kolaborasi Sains dan Teknologi dalam Mengatasi Problematika Pangan dan Energi di Indonesia terjadinya perang yang berdampak global di dunia.

 

Dalam hal ini, pentingnya peran dunia pendidikan terutama pada bidang teknik rekayasa dapat memberikan kontribusi dalam bentuk penelitian dan pengabdian sehingga dapat memberikan sumbangsih untuk peningkatan hasil pangan serta menciptakan sumber-sumber energi yang terbarukan.

 

“Pada kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh 3 orang narasumber sebagai pembicara utama yaitu Prof. Ing Pudji Untoro selaku ex Dewan Energi Nasional 2015-2019, Meika Syahbana Rusli selaku dosen sekaligus peneliti dari Institut Pertanian Bogor (IPB), serta Rachmat Andhi Wibowo dari Muhammadiyah Jerman Raya sekaligus peneliti di AIT Austroan Institute of Technology Center for Energy yang masing-masing akan menyampaikan materinya pada kegiatan seminar ini. Kemudian, turut dihadiri juga oleh 44 pemakalah yang berasal dari berbagai institusi yaitu Uhamka sendiri, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Universitas Muhammadiyah Tangerang, Universitas Global Jakarta, Universitas Katolik Darma Cendika, Universitas Budi Luhur, Universitas Mercu Buana, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, dan Universitas Diponegoro. Kami mengucapkan beribu terima kasih kepada Rektor Uhamka beserta jajarannya, Dekan FTII Uhamka, serta para sponsor yang telah berpartisipasi dalam kegiatan seminar ini,” jelas Yos.

 

=