Notification

×

Iklan

Iklan

Anggaran Pendidikan 2023 Mendapat Bantuan dan Tunjangan Terbesar

07 Desember 2022 | Rabu, Desember 07, 2022 WIB | Last Updated 2022-12-07T03:38:28Z


Serambiupdate.com Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi menyatakan komponen terbesar dari anggaran 2023 adalah pendanaan wajib yang di dalamnya terdapat tunjangan dan bantuan pendidikan seperti Program Indonesia Pintar hingga tunjangan guru. Hal ini di ungkapkannya di Kantor Presiden Jakarta, Kamis (1/12).

"Total anggaran Kemendikbudristek 2023 sekitar Rp80,22 triliun dan komponen terbesar dari sini adalah pendanaan wajib sebesar Rp38,17 triliun. Ini adalah berbagai macam tunjangan dan bantuan kita untuk memastikan akses pendidikan seperti PIP, KIP, tunjangan guru, tunjangan dosen," ujar Nadiem.


Menurut Nadiem, angka tersebut untuk berbagai macam pengembangan seperti pelaksanaan asesmen nasional, kurikulum merdeka, Program Guru Penggerak, hingga pendampingan kepada sekolah-sekolah penggerak di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T), serta program literasi.


Nadiem mengungkapkan, pihaknya akan terus meningkatkan platform teknologi gratis untuk guru dan kepala sekolah.


"Platform-platform teknologi gratis untuk guru dan kepala sekolah akan terus kita tingkatkan tahun depan untuk memastikan bahwa semua guru mempunyai kemampuan untuk meningkatkan kapasitas mereka," tuturnya.


Pemerintah telah memfokuskan APBN 2023 salah satunya pada peningkatan sumber daya manusia (SDM). Peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam hal ini dimaksudkan pada alokasi dana kepada Kementerian Pendidikan dan Kementerian Kesehatan yang membidangi SDM itu sendiri.


Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan juga memerinci alokasi anggaran pada APBN 2023 untuk sektor pendidikan mencapai Rp612,2 triliun yang terdiri atas pemerintah pusat Rp237,1 triliun, transfer ke daerah sebesar Rp305,6 triliun, dan pembiayaannya Rp69,5 triliun.

DYL_RPH

=