Notification

×

Iklan

Iklan

Apperti Untuk Menjaga Kualitas Pendidikan

11 November 2022 | Jumat, November 11, 2022 WIB | Last Updated 2022-11-11T03:51:05Z


Serambiupdate.com Prof Nizam selaku Direktur Jenderal Dikti Kemendikbudristek, mendorong Aliansi Penyelenggara Perguruan Tinggi (Apperti) fokus mendorong kualitas pendidikan sehingga menghasilkan lulusan yang dibutuhkan dunia kerja.

 

Prof Nizam mengatakan pendidikan tinggi merupakan corong utama dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat. Hal ini disampaikannya secara virtual pada pengukuhan Pengurus Pusat Apperti 2022-2026, Makassar, Sabtu (5/11).

 

"Perguruan tinggi harus memastikan mahasiswa betul-betul mendapatkan kompetensi dan nilai tambah sehingga mudah terserap dalam dunia kerja," ujar Prof Nizam.

 

Dirinya menegaskan kepada perguruan tinggi agar jangan sampai mencederai dunia pendidikan dengan melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan aturan. Di antaranya, jangan sampai ada perguruan tinggi yang dengan yang sembrono mengeluarkan ijazah, melawan proses pendidikan, memanipulasi daftar mahasiswa yang justru ujung-ujungnya akan mencederai kampus itu sendiri.

 

"Maka dari itu, kami mendorong Apperti harus terus menjaga kualitas pendidikan, memberikan kompetensi dan nilai tambah sehingga mendapatkan lulusan sesuai kebutuhan,"tuturnya.

 

Dalam kesempatan tersebut, Prof Nizam juga mengakui peran penting perguruan tinggi] untuk menampilkan lulusan SMA SMK dan Tsanawiyah. Namun tentunya kembali sejauh mana perguruan tinggi itu memberikan manfaat bagi masyarakat.

 

Termasuk bagaimana menciptakan pendidikan tinggi yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan zaman. "Ketertarikan lulusan SMA/SMK ataupun Tsanawiyah masuk pada salah satu perguruan tinggi tentunya sebanding dengan investasi yang ditanam (pemilik kampus)," jelasnya.

DYL_RPH

=