Notification

×

Iklan

Iklan

Jelaskan Defisini Gaya Belajar, Tim PKM Fakultas Psikologi Uhamka Gelar Webinar Bersiap Masuk Perguruan Tinggi

24 Agustus 2022 | Rabu, Agustus 24, 2022 WIB | Last Updated 2022-08-24T01:53:51Z


Serambiupdate.com
Setelah melakukan tes penelusuran minat bakat pada tanggal 15 Juli 2022 dan konseling mengenai minat bakat pada tanggal 22 Juli 2022, tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) mengadakan webinar yang berjudul Kenali Minat Bakat untuk Persiapan Masuk Perguruan Tinggi kepada siswa SMA Muhammadiyah 4 Depok dan dihadiri oleh 18 peserta, Selasa (23/8 ).

 

Hasil dari asesmen psikologi ini berisikan informasi mengenai inteligensi (kemampuan kognitif) berupa kategori skor IQ, sikap belajar, kepribadian, bakat dan minat serta penjurusan siswa di jenjang SMA maupun Perguruan Tinggi. Oleh karena itu, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan gambaran kepada siswa dan pengajar mengenai potensi yang dimiliki oleh para siswa dan sejauh apa eksplorasi harus dilakukan guna mendukung pendidikan, penjurusan, dan pemilihan karier siswa di kemudian hari.

 

Berdasarkan hasil tersebut, tim merasa perlu untuk melakukan webinar guna menguatkan pemahaman para siswa berkaitan dengan gaya belajar yang harus diterapkan saat berada diperguruan tinggi. Webinar kali ini membahas apa itu definisi gaya belajar, jenis-jenis gaya belajar, yang disampaikan oleh dosen Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Uhamka yakni Cici Yulia.

 

Dalam penyampaiannya, Cici Yulia mengatakan bahwa gaya belajar setiap anak berbeda, tipe gaya belajar antara lain visual, auditory, kinesthetic.

 

“Ciri gaya belajar visual adalah cenderung melihat sikap, gerakan dan bibir guru yang sedang mengajar, lebih menyukai peragaan daripada penjelasan lisan dan lain sebagainya. Sedangkan ciri gaya belajar auditorial adalah menyukai berdiskusi dan berkomunikasi dengan orang lain, mampu mengingat penjelasan guru dengan baik. Dan yang terakhir adl gaya belajar kinestetik memiliki ciri menyukai praktek/percobaa, menyukai permainan dan aktivitas fisik. Lebih lanjut, Cici Yulia mengatakan bahwa banyak cara untuk dapat mengetahui gaya belajar salah satunya dengan melakukan tes gaya belajar dengan professional,” tutur Cici.

 

 

 

                        

=