Notification

×

Iklan

Iklan

Tanamkan Rasa Ikhlas dalam Beribadah

08 April 2022 | Jumat, April 08, 2022 WIB | Last Updated 2022-04-08T03:40:06Z



Serambiupdate.com Bulan Ramadhan merupakan bulan dimana umat Islam di dunia berlomba-lomba untuk melakukan kebaikan. Mulai dari perorangan hingga kelompok mencanangkan berbagai program keislaman di bulan Ramadhan.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas MuhammadiyahProf DR HAMKA (Uhamka) ikut serta dalam menyemarakkan bulan Ramadhan dengan program-programnya. Satu dari sekian banyak program diantaranya adalah Sholat Dzuhur berjamaah yang diakhiri dengan kultum yang ikuti jamaah dari kalangan Dosen, Tenaga Kependidikan, hingga mahasiswa Uhamka yang berada di gedung FEB Uhamka dan Sholat Ashar berjamaah yang diakhiri dengan penyampaian hadist oleh Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM).


Prof Abd. Rahman A. Ghani selaku Wakil Rektor I Uhamka menjadi penceramah dalam penyampaian kultum pada program Sholat Dzuhur berjamaah. Tema yang tertuang dalam kultum tersebut adalah Ikhlas Beribadah, Kamis (7/4).


Dalam kultum yang ia sampaikan, Prof Ghani mengajak umat muslim untuk menanamkan dalam hati dan pikiran bahwa dalam beribadah harus dilandasi dari keikhlasan karena ibadah yang dilandasi oleh niat yang ikhlas memiliki nilai amalan tinggi di mata Allah SWT.


“Apabila kita sudah memiliki rasa ikhlas, maka ibadah yang kita jalani akan terasa lebih ringan. Ibadah yang kita jalani tidak akan terindikasi dengan rasa sombong dan ingin timbal balik yang tinggi. Salah satunya adalah puasa yang kita jalani selama sebulan kedepan ini,” ujarnya.


Ia melanjutkan bahwa ibadah yang rentan diikuti dengan rasa sombong diantaranya adalah ibadah Zakat, Sholat, dan Haji. Ibadah- ibadah tersebut dinilai dapat menjadi faktor munculnya rasa angkuh pada diri.


“Misal ibadah zakat, ketika ada seorang Muzakki memberikan Zakat jumlah yang besar namun dengan imbalan agar namanya disebutkan dengan lantang pada suatu agenda masjid. Ibadah Sholat, misalnya ketika seorang pria ditunjuk menjadi imam lalu dia sengaja memerdukan suaranya ketika yang menjadi makmumnya adalah calon mertuanya. Terakhir ibadah Haji, misal ada seseorang yang telah pulang haji akan menggembor-gemborkan title Haji pada namanya agar orang-orang tau bahwwa ia baru pulang dari tanah suci,” tuturnya


Maka dari itu ia berharap agar seluruh umat Rasulullah SAW dihindari dari sifat sombong dan tinggi hati. Selain itu ia harap bulan Ramadhan ini menjadi bulan penuh keberkahan untuk seluruh umat muslim di dunia agar umat Islam semakin termotivasi untuk meraih kemenangan di bulan Ramadhan dengan keikhlasan.



=