Notification

×

Iklan

Iklan

Pendidikan Biologi Uhamka Dorong Program Eduekowisata birdwatching melalui Pelatihan

01 Maret 2022 | Selasa, Maret 01, 2022 WIB | Last Updated 2022-03-01T13:48:48Z

Serambiupdate.com
Tim pengabdian kepada masyarakat Uhamka yang diketuai oleh Agus Pambudi Dharma yang beranggotakan Meitiyani dari Program Studi Pendidikan Biologi. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di Dusun Tabrik Desa Gekbrong Kabupaten Cianjur. 

Agus Pambudi Dharma menjelaskan, bahwa pemandu wisata mempunyai tugas untuk membantu wisatawan dalam menunjukkan arah ke lokasi destinasi atau objek wisata yang dituju. 

“Pemandu wisata juga harus mempunyai kemampuan berkomunikasi yang baik dengan wisatawan, luwes, beretika, ramah, memiliki pengetahuan luas dan memahami kondidi lapangan dengan baik sehingga wisatawan menjadi nyaman dan akan datang berkunjung kembali,” ucapnya.

Sedangkan Meitiyani menyebutkan, Eduekowisata birdwatching merupakan pengamatan burung pada habitat alaminya seperti di pegunungan, perkebunan maupun di pulau. 

“Pada proses pengamatan burung, manusia membutuhkan alat tambahan untuk melihat objeknya yang jaraknya cukup jauh seperti teropong dan kamera, “tutur Meitiyani.

Dusun Tabrik Desa Gekbrong mempunyai tiga lokasi yang dapat dijadikan area pengamatan burung bagi wisatawan di kandang kuda, perkebunan dan hutan. Dusun ini berbatasan langsung dengan kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang mempunyai berbagai jenis burung seperti burung cekakak sungai, srigunting, elang, alap-alap, dan pelatuk.  

Hilman merupakan salah satu peserta pelatihan mengungkapkan bahwa kegiatan ini memberikan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam penggunaan alat dan cara mendampingi wisatawan yang akan datang. 

=