Notification

×

Iklan

Iklan

Dua Sisi Media Sosial

27 Maret 2022 | Minggu, Maret 27, 2022 WIB | Last Updated 2022-03-27T02:42:00Z

 




Oleh :  Putri Maharani

Mahasiswa Uhamka

Masa modern ini pengaruh penggunaan media sosial telah berkembang begitu pesat seiring dengan kemajuan teknologi komunikasi, dimana kita dihadapkan dengan berbagai banyak pilihan untuk dapat berkomunikasi dan mengakses informasi baik melalui media cetak maupun media elektronik dan yang paling berkembang di era modern ini adalah sosial media. Dalam penggunaan media sosial yang paling sering digunakan orang adalah jejaring sosial, karena situs ini memungkinkan orang untuk membuat web page pribadi, yang dapat terhubung dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan berkomunikasi. 

Dari sekian banyak jejaring social penggunaan Facebook, Twitter, Instagram, dan WhatsApp yang paling baik orang baik remaja, orang dewasa, maupun orangtua karena lebih praktis, ekonomis, dan mudah penggunaannya. Cukup memiliki smartphone kita sudah dapat mengakses informasi kapan dan dimana saja dimedia social, karena penggunaan media sosial telah merambah hampir semua lapisan dan golongan, baik pejabat pemerintahan, pengusaha, pedagang, mahasiswa, pelajar, dan lain – lain. 

Dampak Positif Media Sosial Kita dapat mengirimkan  informasi-informasi yang dibutuhkan dengan mudah dan cepat, begitu pula dalam mengakses informasi yang kita butuhkan. Media sosial dapat dijadikan sarana untuk saling berbagi, saling bertukar foto, data dan dokumen lainnya. Media sosial juga dapat digunakan sebagai sarana promosi dengan berbagai produk/jasa yang dapat ditawarkan kepada pengguna media sosial tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar tetapi dengan keuntungan yang berlipat ganda. 

Dampak Negatif Media Sosial seperti yang kita lihat sekarang media sosial dijadikan media untuk menanamkan kebencian terhadap orang lain dengan mengunggah kata-kata atau gambar yang tidak etis sehingga terbangun rasa tidak senang dan benci terhadap seseorang, terutama mereka yang memiliki posisi penting baik di pemerintahan maupun lembaga-lembaga Negara. Media sosial dijadikan sarana untuk mencaci maki bahkan mempropokasi orang lain, perilaku  ini sangat berbahaya apalagi yang menyangkut kelangsungan hidup bernegara dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.



=