Notification

×

Iklan

Iklan

Perbedaan Strategi Pemasaran Digital dengan Pemasaran Tradisional

26 Februari 2022 | Sabtu, Februari 26, 2022 WIB | Last Updated 2022-02-26T05:51:58Z

 


Oleh : Fery Kurniawan

Mahasiswa FEB Uhamka

 

Seiring berkembang pesatnya kemajuan dalam berbagai bidang pada era globalisasi ini, setiap perusahaan haruslah tepat tanggap dalam mengikuti perkembangan yang sedang terjadi. Terutama untuk perusahaan yang bergerak dibidang produksi, pemasaran, dan penjualan haruslah memiliki strategi yang tepat atau jitu dalam menghadapi tantangan pasar yang akan terjadi.

Strategi pemasaran yang diterapkan suatu perusahaan harus disesuaikan tidak hanya pada sasaran konsumen saja, tetapi juga pada pesaing yang mengincar pasar konsumen yang sama. Perusahaan sebelum menetapkan dan menjalankan strateginya hendaklah terlebih dahulu melakukan analisis SWOT untuk melihat dan menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman yang dimilikinya sendiri.

Nahh tapi tau tidak sih… Bahwa pemasaran yang paling sering diminati dewasa ini adalah digital marketing atau pemasaran digital. Mungkin di-era sekarang pemasaran tradisional itu sudah tak lagi efektif untuk pasar apalagi jika sebagian besarnya sudah beralih ke teknologi komunikasi masa kini. Sehingga sangat penting pemasaran digital di era serba digital ini.

Pemasaran digital itu merupakan pemasaran produk ataupun jasa yang dilakukan dengan media digital. Tujuannya tentu untuk menjangkau target customer sebanyak-banyaknya secara lebih efisien, personal dan relevan. Pemasaran digital ini memadukan teknik serta pengetahuan dalam psikologi pasar dan teknologi.

Sedangkan pemasaran tradisional itu sendiri merupakan sebuah istilah strategi pemasaran yang memiliki beragam saluran periklanan, seperti iklan di media cetak, papan reklame, televisi, pamflet dan kampanye poster, hingga iklan siaran radio. Stategi ini merupakan jenis pemasaran yang paling dikenal, karena mencakup semua iklan yang kita lihat dan dengar setiap hari.

Sebenarnya kedua strategi ini memiliki tujuan yang sama yaitu untuk memasarkan produk. Karena pemasaran pada dasarnya bertujuan untuk memperkenalkan sebuah produk kepada masyarakat atau calon konsumen memakai berbagai macam strategi.
Tetapi mana sih yang lebih worth it antara Digital marketing dengan traditional marketing dalam strategi marketing suatu perusahaan  .

Hanya saja letak pembeda antara kedua strategi pemasaran ini yaitu di jangkauan target pemasarannya serta cara komunikasinya, dimana pemasaran tradisional cenderung lebih sempit jangkauan target pemasarannya entah itu mungkin karena terbatasnya  waktu dan biaya pemasaran atau hal lain serta cara komunikasinya lebih ke satu arah, berbeda dengan marketing digital yang lebih luas jangkauan target pemasarannya ketimbang pemasaran tradisional. Hal ini bisa terjadi karena jangkauan dari internet itu sendiri lebih luas bahkan bisa dijangkau oleh seluruh dunia, sehingga siapapun yang menggunakan internet bisa menjadi target pasar kita.

Jadi menurut kalian strategi yang mana nih yang cocok atau worth it diterapkan suatu perusahaan  untuk saat ini dalam melakukan pemasaran atau penjualan produk perusahaan apakah pemasaran digital atau pemasaran tradisional

 

 

Tugas Opini 2 Tema Manajemen Pemasaran

Fery Kurniawan
2002025110
Manajemen 3I
Bahasa Indonesia

=