Notification

×

Iklan

Iklan

Erick Thohir Ajak Uhamka Ciptakan SDM Berkualitas di Masa Depan

20 Januari 2022 | Kamis, Januari 20, 2022 WIB | Last Updated 2022-01-20T06:39:37Z

Serambiupdate.com
Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menggelar Kuliah Umum dengan tema Sinergitas Pendidikan dalam Menguatkan Perilaku Ketahanan Sosial Ekonomi Masyarakat di Era New Normal.  dihadiri langsung oleh Menteri BUMN Indonesia, Erick Thohir. Kegiatan ini bertempat di Aula AR Fachrudin FEB Uhamka pada Kamis (20/1).

Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka menyampaikan, Era sekarang memasuki era digital, hal ini dapat dilihat melalui top ten perusahaan dunia yang didominasi oleh perusahaan digital. Contohnya adalah market kapital Apple mencapai US$ 2 Triliun atau setara dengan Rp 29.600 Triliun. 

"Dalam hal ini kita dapat melihat dari APBN kita yang berlipat. Saya meyakini pak Erick Thohir memliki strategi jitu bersama BUMN. Gebrakan pak Erick dalam menyatukan BUMN, merenovasi Sarinah, “bersih-bersih” menjadi bagian menguatkan perilaku ketahanan sosial ekonomi masyrakat saat ini," tutur Gunawan.

Gunawan mengatakan bahwa Uhamka memiliki mahasiswa sekitar 21 ribu. Dari berbagai macam fakultas, sebagai kampus tempat lahirnya Sumber Daya Manusia  yang berkualitas. Ia meyakini mahasiswa harus memahami Knowledge Based Economy, 3 kekuatan SDM : skill, penguatan digital, dan sehat secara jasmani.

"Kami sudah mencoba memulai dan nanti mohon berkenan pak Erick untuk melaunching start up Uhamka yang diinisiasi oleh Lab Kewirausahaan dan Filantropi Islam. Saat ini sudah ada 4 program start up yang di inovasikan oleh mahasiswa FEB Uhamka, diantaranya yaitu program Reylie oleh Azhar Luthfi dan tim, Rata Pangan oleh Widya Anggoro dan tim , Garasi (Gummy dan Gelatin asli Rawa semut bekasi) oleh Fikri Hidayat dan tim, dan Diserva (Digital Servica Agency) oleh Ahmad Fauzan. Hal ini atas kawalan langsung dari Dekan FEB,  Zulpahmi" tutur Gunawan.

Gunawan menambahkan bahwa Uhamka mengusung visi Propethic Teaching University tahun 2024 dan sudah seharusnya terlibat dalam pengembangan nilai-nilai kerasullan salah satunya dalam meningkatkan  perekonomi di Indonesia.

"Sehubung dengan hak itu kehadiran pak Erick sangat kami nanti di Uhamka, kampus yang mengusung visi Propethic Teaching University, kami ingin mahasiswa kami menjadi Manusia yang berkulitas dengan menjunjung tinggi nilai Shidiq, Amanah, Tabligh, dan Fathonah," tutur Gunawan.

Erick Thohir selaku Menteri BUMN Indonesia, mengungkapkan bahwa pendidikan berperan penting pada zaman milenial ini. Pada era masa ini ekosistem ekonomi harus dibangun bersama.

"Langkah untuk membangun ekosistem bersama melalui riset yang dilakukan oleh Universitas dan BUMN yang akan mengomersialkan pada era digital ini," tutur Erick saat diwawancarai di FEB Uhamka.

Erick melanjutkan, tongkat estafet kepemimpinan masa depan akan melibatkan generasi muda. Selaras dengan hal tersebut mahasiswa yang akan berperan di masa mendatang.

"Sama seperti saat kita bicara terkait ekonomi,  mahasiswa lah yang akan berperan dalam membesarkan UMKM, Ultra Mikro, dan Usaha Nasional. Jadi untuk generasi muda,  ini adalah kesempatan yang luar biasa. Apalagi ekonomi kita akan tumbuh sampai 2045," ujar Erick.
=