Notification

×

Iklan

Iklan

Perempuan Bukan Makhluk yang Lemah

09 Desember 2021 | Kamis, Desember 09, 2021 WIB | Last Updated 2021-12-09T13:15:59Z


Dewinda Salwa Zaliyanti

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat FIKES Uhamka


Menjadi perempuan adalah salah satu anugerah. Tetapi banyak sekali yang memandang perempuan itu lemah, Wanita bisa bersikap tegas dan bijaksana untuk menunjukkan bahwa mereka memiliki prinsip yang kuat serta mampu mengatasi dan mencari solusi dari masalah yang dihadapinya. Jadi, kurang tepat rasanya jika berpikiran bahwa wanita itu selalu identik dengan manja, selalu bergantung, dan lemah. Terlebih lagi adanya pola pikir bahwa perempuan hanya sebatas bekerja di kasur, di dapur, sumur, mengurus keluarga dan anak, sehingga hal lain nya dianggap tidak penting. Kebanyakan pola pikir bahwasanya perempuan akan berakhir memasak di dapur menjadi alasan mengapa kaum hawa ini jarang sekali menempuh pendidikan atau melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Padahal menurut saya, ketika sosok perempuan ini mempunyai pendidikan iya akan tau bagaimana ia berperan untuk mendidik dan mengembangkan kemampuan anak-anaknya. Karena ia sudah mampu mengarahkan kemana dan harus bagaimana kemudian anaknya melangkah.


Perempuan kerap kali menjadi sasaran korban kekerasan seksual. Yang mana akan menciptakan trauma mendalam bagi perempuan. Sehingga ia merasa tidak memiliki masa depan dan bisa saja keadaan yang paling parah berujung bunuh diri. Hal seperti ini lah yang harus dihindari dan di cegah. Bahwasanya perempuan itu di junjung tinggi derajatnya bukan di rendahkan bahkan dikotori. Padahal manusia terlahir dari perempuan.

“ah itu mah cewe nya aja yang ga bener”

“makanya pakai baju yang tertutup”

“cantik.. mau kemana nih?”


Tidak jauh dari kata kata itu yang dilontarkan kepada perempuan, yang membuat rasa was was dan merasa tidak aman. Padahal bukan hanya perempuan saja yang seharusnya menjaga diri, teteapi laki laki juga harus belajar cara menghargai perempuan dan tidak seharusnya memperlakukan perempuan dengan seenaknya.


Tetapi haruskah wanita menerima pelecehan sebagai bagian dari kehidupan? Menganggapnya hal tersebut 'normal'?, harus menerapkan pedoman keselamatan ini?, berhati-hati dalam berpakaian?, tidak pernah keluar tanpa pendamping? Apa yang perlu terjadi agar wanita merasa aman?. Perempuan seharusnya mendapatkan perlindungan sehingga merasa aman, tetapi di jaman sekarang ini justru berbahaya sekali untuk perempuan. Perempuan juga berhak berbicara, berhak menentukan apa yang ia inginkan, berhak memilih, dan berhak bebas dari semua ketakutan perempuan.


Pesan untuk semua perempuan, jangan pernah takut untuk melawan ketidakbenaran, perempuan juga bisa memimpin, bisa mandiri dan diperlakukan yang seharusnya. Kejarlah apa yang ingin di kejar, bercita cita setinggi mungkin, dan selalu waspada akan dunia luar. Dan untuk laki laki, hargai perempuan sebagaimana menghargai ibu mu, karena semua perempuan sama.

=