Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa ULM Cegah Hipertensi dengan adakan Pengabdian ke Masyarakat

08 Desember 2021 | Rabu, Desember 08, 2021 WIB | Last Updated 2021-12-08T10:46:37Z


Serambiupdate.com
- Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (ULM) melakukan sosialisasi dengan terjun langsung ke masyarakat dalam rangka pencegahan penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Salah satu lokasi yang disambangi adalah kegiatan di Kelurahan Guntung Paikat, Banjarbaru.


“Dalam rangka penyuluhan pencegahan penyakit hipertensi, kami mahasiswa jurusan Kesehatan Masyarakat FK ULM membuat Program Germas Pensi,” kata Ketua Pelaksana Germas Pensi M Naufal Hibbatullah.


Germas Pensi merupakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Penyuluhan, Senam dan Konseling Hipertensi. “Tujuan kegiatan adalah menurunkan angka kejadian hipertensi di masyarakat setempat,” tutur Naufal.


Naufal berpendapat bahwa, hipertensi merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Penyakit ini disebabkan oleh banyak faktor seperti konsumsi makanan tinggi garam, pola makan yang kurang sehat dan kurang aktifitas fisik.


Kegiatan dilakukan di kawasan Guntung Paikat karena diketahui ada beberapa kasus hipertensi di sana. “Khususnya di RT 003 RW 001 Kelurahan Guntung Paikat, Banjarbaru,” ujar Naufal.


Germas Pensi dilakukan dengan tiga cara yang pertama melakukan penyuluhan kepada para warga agar meningkatnya pengetahuan tentang hipertensi. Kedua melakukan konseling mengenai keluhan warga yang mengalami hipertensi sekaligus pengecekan tekanan darah. 


Adapun mahasiswa yang melaksanakan Germas Pensi adalah M Naufal Hibbatullah, Erma Fitriani, Mulyana Safitri, dan Noor Hakiki.


Terakhir adalah senam hipertensi yang dilakukan warga secara mandiri dengan melihat gerakan pada halaman kalender yang telah diberikan. “Dilakukannya pengecekan tekanan darah yang dilakukan 2 kali secara berkala merupakan cara untuk mengetahui apakah sudah terjadi penurunan atau belum,” ujar Naufal.


Naufal dan teman-temannya sangat berharap kegiatan ini akan berhasil menurunkan kasus hipertensi yang terjadi, mereka juga berharap agar warga tetap melakukan senam dan menjaga makan secara rutin.


(ADP)

=