Notification

×

Iklan

Iklan

Sumber Daya Manusia dan Perusahaan

09 Desember 2021 | Kamis, Desember 09, 2021 WIB | Last Updated 2021-12-09T03:07:00Z


 

Oleh ; Syifa Firda Prastanti

Mahasiswa STIE JIC

Sumber daya manusia bagi kehidupan sangatlah penting. Sumber daya manusia ikut berperan penting dalam suatu institusi atau perusahaan. Dalam suatu perusahaan di perlukan sumber daya manusia untuk membantu suatu perusahaan dalam memilih atau menyeleksi calon karyawan dan juga sebagai analisis dalam suatu perusahaan. Perusahaan memerlukan SDM di ibaratkan suatu kapal sebelum berangkat menuju tujuan memerlukan arah angin. SDM sebagai arah angin atau kompas dan karyawan sebagai alat atau mesin untuk jalannya kapal serta direktur sebagai nakhoda kapal agar bisa mengarahkan tujuannya dan customers sebagai penumpang.

Sebagian orang bekerja memang untuk mendapatkan uang agar dapat memenuhi kebutuhan hidup. Sangat sedikit orang yang bekerja hanya sebagai hobi atau mengisi waktu luang. Salah satu fakor utama penentu karyawan ingin bekerja di suatu perusahaan biasanya dilihat dari gaji dalam suatu perusahaan. Walaupun beberapa orang tidak terlalu mempermasalahkan gaji. Namun kadangkala kebanyakan orang menjadikan gaji sebagai bahan pertimbangan untuk menerima kerja dalam suatu perusahaan.

SDM sendiri mempunyai caranya masing-masing dalam memilih karyawan. Dalam suatu perusahaan mempunya kriteria yang berbeda beda antar perusahaan a ke perusahaan b. Biasanya perusahaan memilih kriteria sesuai dengan jobdesk atau tugas yang nantinya akan dijalani oleh karyawan dan mempunyai divisi yang berbeda beda serta keperluaan yang berbeda. Perusahaan akan menyeleksi calon karyawan sesuai dengan kebutuhan dalam perusahaan tersebut. Maka dari itu SDM berperan penting untuk dapat menyeleksi calon karyawan yang sesuai dengan apa yang sedang di butuhkan oleh perusahaan.

Dalam suatu perusahaan memang memiliki kriteria yang berbeda. Namun beberapa perusahaan mempunyai dasar dalam kategori pemilihan calon karyawan. Perusahaan dapat melihat calon karyawan dengan melihat latar belakang, pengalaman kerja, lama bekerja dalam perusahaan, apakah sudah sesuai dengan divisi yang diperlukan, sehat jasmani dan rohani, serta dapat mengikuti peraturan yang ada dalam perusahaan. Setelah perusahaan sudah mendapatkan calon karyawan yang diinginkan maka perusahaan akan memutuskan untuk melakukan training atau masa percobaan lalu setelah itu biasanya perusahaan baru akan melakukan penekanan kontrak atau menjadikan karyawan di perusahaan tersebut.

Dalam meningkatkaan kontribusi pegawai terhadap perusahaan untuk mencapai  produktivitas. Maka dari itu suatu SDM memerlukan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendaliaan terhadap karyawan. Menciptakan SDM yang berkualitas, memiliki keterampilan, dan dapat berdaya saing tinggi dalam persaingan global tidaklah mudah maka dari itu antar perusahaan dan karyawan harus memiliki kerjasama yang baik serta dapat menguntungkan antar belah pihak. Maka dari itu sumber daya manusia merupakan salah satu faktor yang penting untuk membantu jalannya perusahaan.

Faktor yang mempengaruhi efektifitas kerja dalam suatu perusahaan dapat berdampak pada jalannya perusahaan. Beberapa faktor di tempat kerja yang sering kita temui yaitu faktor organisasi, faktor lingkungan, pekerja, serta kebijaksanaan dalam suatu perusahaan. Faktor tersebut memerlukan pengawasan dari HRD untuk tetap dapat berjalan sesuai dengan perencanaan perusahaan serta berdampak positif antar satu sama lain baik perusahaan dengan karyawan maupun antar karyawan. Suatu perusahaan perlu untuk mengawasi karyawan, serta memastikaan kenyamanan bagi karyawan. Maka dari itu SDM merupakaan salah satu peranan yang penting dalam jalannya suatu perusahaan.

=