Notification

×

Iklan

Iklan

Dosen Matematika SPs Uhamka Bangun Kreativitas Guru

21 Desember 2021 | Selasa, Desember 21, 2021 WIB | Last Updated 2021-12-21T10:02:32Z



Serambiupdate.com Dosen dan mahasiswa Magister Pendidikan Matematika Sekolah Pascasarjana Uhamka berbagi ilmu kepada guru di DKI Jakarta melalui kegiatan pelatihan pembuatan video melalui Zoom Meeting untuk meningkatkan kompetensi profesional guru dalam mengajar di masa pandemi Covid-19 saat ini.



Dalam kegiatan ini, Program Studi Magister Pendidikan Matematika Sekolah Pascasarjana Uhamka menggandeng LPPM (Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan) Uhamka, bersama dengan dengan Majelis Dikdasmen PWM DKI Jakarta, MGMP DKI Jakarta.



Kegiatan ini sebagai bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan oleh Dosen Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Uhamka yaitu Dr. Joko Soebagyo, M.Pd dan Dr. Sigid Edy Purwanto, M.Pd bersama 9 orang mahasiswa yaitu Rizki Alfath, Agus Setiawan, Sona Aji Hardiansyah, Indah Tri, Nur Fitri Yani, Surur Rofilah, Cucu Suryani, Devi Novita, Intan Nur Fauziyah dan 1 mahasiswa alumni yaitu Dara Retno, M.Pd untuk menyukseskan pelatihan ini.

  

Joko Soebagyo dalam keterangannya kepada media mengungkapkan bahwa guru dapat berinovasi dengan berbagai perangkat lunak atau aplikasi yang dapat mengimprivosasi pembelajaran siswa.



“Terdapat berbagai perangkat lunak dan keras untuk membuat video pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru.  Video pembelajaran yang telah dibuat diharapkan mampu memberikan pemahaman dan penalaran kepada siswa serta memberikan waktu belajar yang fleksibel sebelum, selama dan sesudah proses pembelajaran di dalam kelas,” tuturnya.


 
Dalam kegiatan ini peserta diberikan informasi hingga dilatih untuk dapat membuat video pembelajaran yang efektif dan efisien selama dua hari mulai tanggal 20 – 22 Desember 2021.  Materi yang disampaikan mencakup Video Pembelajaran Berbasis Zoom dan Pen Tablet, Screencast dan EaseUS, VideoScribe, Canva, Power Point dan Kinemaster.  Selanjutnya, tanggal 23 – 24 Desember 2021 peserta diberikan tugas membuat satu video pembelajaran yang sesuai dengan jenjang dan bidang masing-masing berdasarkan rubrik yang telah ditentukan.
 
Ketua MGMP Matematika DKI Jakarta Drs. Tri Puji Hartono, M.Pd. turut senang dan menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan menguntungkan bagi Guru Matematika DKI Jakarta dalam meningkatkan kompetensinya sebagai penunjang pembelajaran di masa pandemi Covid-19. 

=