Notification

×

Iklan

Iklan

Kemendikbudristek Meluncurkan Program Beasiswa Indonesia Maju Bagi Siswa Kelas 12, Hingga Beasiswa S1 di Luar Negeri!

01 Desember 2021 | Rabu, Desember 01, 2021 WIB | Last Updated 2021-12-01T05:17:43Z


Serambiupdate.com  Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah meluncurkan program Beasiswa Indonesia Maju angkatan 1 (reguler) bagi seluruh siswa aktif kelas 12 di Indonesia. Beasiswa ini diperuntukkan bagi yang  berminat untuk melanjutkan studi S1 di luar negeri di tahun ajaran 2022-2023.


Dikutip dari booklet Beasiswa Indonesia Maju, program ini memberikan keuntungan dalam dua tahapan bagi penerimanya. Tahapan pertama yakni tahap pembinaan hingga tahap kuliah S1 di luar negeri.


Untuk lebih jelasnya, dapat disimak pada penjelasan keuntungan, persyaratan, dan timeline seleksi Beasiswa Indonesia Maju sebagai berikut.


A. Keuntungan Penerima Beasiswa Indonesia Maju Angkatan 1 (Reguler)

Tahap Pembinaan

Penerima beasiswa akan mendapatkan dibantu dalam mempersiapkan pendaftaran di perguruan tinggi luar negeri pilihannya. Mencakup sesi konseling, kursus TOEFL iBT/IELTS dan sejenisnya, hingga sharing session dengan alumni.


Biaya yang ditanggung yakni, biaya Kursus TOEFL iBT/IELTS dan sejenisnya, biaya Tes TOEFL iBT/IELTS dan sejenisnya, biaya layanan college counselling, dan biaya aplikasi atau pendaftaran ke perguruan tinggi.


Tahap Kuliah S1 di Luar Negeri

Tahap ini berlaku bila penerima beasiswa sudah berhasil memperoleh Letter of Acceptance (LoA) dari perguruan tinggi yang dipilihnya. Pendanaan yang berlaku dapat berupa pendanaan penuh atau parsial sesuai dengan kemampuan orang tua penerima.


Biaya yang ditunjang selama masa studi normal (maksimal 4 tahun) adalah biaya SPP, tunjangan buku, biaya skripsi, dan biaya pendukung lainnya seperti, transportasi, aplikasi visa, asuransi kesehatan, biaya hidup bulanan, biaya kedatangan, dan biaya keadaan darurat.


B. Persyaratan Beasiswa Indonesia Maju Angkatan 1 (Reguler)

Warga negara Indonesia (dibuktikan dengan salinan identitas diri dan KK)

Siswa kelas 12 Pendidikan Menengah (SMA/SMK/MA/sederajat) (dibuktikan dengan salinan transkrip nilai rapor kelas 10 semester 1 hingga semester terbaru di kelas 12)

Tercatat sebagai pemenang atau finalis pada lomba/kompetisi/festival tingkat

internasional dan nasional dalam bidang sains, riset, teknologi, dan inovasi

yang diselenggarakan pada dua tahun terakhir oleh Pusat Prestasi Nasional (dibuktikan dengan sertifikat, piagam pemenang, atau Surat Keputusan)

Melampirkan sertifikat bahasa asing (opsional)

Mengisi profil diri pada formulir pendaftaran online pada laman https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/beasiswa-indonesia-maju/

Membuat Surat Pernyataan kesanggupan mengikuti program Beasiswa Indonesia Maju bermaterai Rp 10 ribu.

Melampirkan surat persetujuan dari orang tua untuk mengikuti program Beasiswa Indonesia Maju, ditandatangani orang tua di atas materai Rp 10 ribu

Menyusun tiga esai aplikasi yang terdiri dari total 600-900 kata dalam Bahasa Inggris



C. Timeline Seleksi Beasiswa Indonesia Maju Angkatan 1 (Reguler)

Pembukaan pendaftaran beasiswa: 28 November 2021

Penutupan pendaftaran beasiswa: 3 Desember 2021 (pukul 16.00 WIB)

Seleksi administrasi: 4 Desember 2021

Pengumuman hasil seleksi administrasi: 5 Desember 2021

Seleksi substansi dan wawancara: 6-9 Desember 2021

Pengumuman hasil seleksi substansi dan wawancara: 10 Desember 2021

Mulai tahap pembinaan: 11 Desember 2021

Untuk diketahui, ada 36 perguruan tinggi tujuan di dunia yang ditetapkan dalam program Beasiswa Indonesia Maju Angkatan 1 (Reguler). Daftar perguruan tinggi tujuan yang termasuk dalam program ini dapat disimak pada laman https://www.scribd.com/document/543414362/Booklet-Beasiswa-Indonesia-Maju-Reguler.



=