Notification

×

Iklan

Iklan

Manajemen Diri Sendiri

02 Desember 2021 | Kamis, Desember 02, 2021 WIB | Last Updated 2021-12-02T03:24:00Z

 


Wahyu Indra Saputro

Mahasiswa STIE JIC

 

Manajemen diri atau self management merupakan kemampuan untuk mengendalikan atau mengontrol diri dengan suatu tindakan yang sedang dilakukan maupun hendak dilakukan, baik dari aspek pikiran atau ucapan agar supaya dirinya menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Memanajemenkan diri ini bisa juga dikatakan sebagai kemampuan individu yang diperoleh untuk mengendalikan dirinya dalam membuat proporsi prioritas, contohnya seperti menetapkan apa yang sekiranya dilakukan atau tidak dilakukan dan berkewajiban untuk menyelesaikan apa yang seharusnya diselesaikan pada saat itu.

Kemampuan memanajemenkan diri ini sangat diperlukan oleh semua orang. Kemampuan ini tidak hanya diperlukan di lingkungan dunia pekerjaan atau pendidikan, tetapi kemampuan memanajemenkan diri ini juga diperlukan oleh seorang individu yang melakukan aktivitas sehari-hari. Apabila seorang individu tidak menerapkan memanajemenkan dirinya sendiri, maka dirinya cenderung kebingungan karena aktivitas yang hendak dilakukan saat itu tidak terencana ataupun terjadwal secara baik dalam kehidupannya.

Apabila seorang individu tidak memiliki keterampilan memanajemen diri sendiri yang baik, segala aktivitas, tugas, atau pekerjaan yang dilakukan berantakan/tidak terjadwal. Oleh dari itu, diperlukannya meningkatkan keterampilan memanajemen diri yang baik.

Ada beberapa cara untuk meningkatkan keterampilan memanajemen dirinya sendiri yang baik.

1.      Jangan suka menyepelekan waktu

setiap orang mungkin pernah melakukan hal tersebut, oleh karena itu cobalah untuk membiasakan diri agar tidak sering melakukan hal tersebut meskipun itu hal yang kecil. Hal itu sangat berdampak sekali pada keterampikan memanajemen diri sebab melatih diri individu untuk bersikap disiplin dan bertanggung jawab atas segalanya.

 

2.      Bersikap dewasa dari mengakui kesalahan dirinya sendiri

dengan mengakui kesalahan, itu berarti individu telah siap untuk menerima segala macam kritik dan juga saran dari orang lain yang pastinya juga akan penting bagi pengalaman dirinya dimasa yang akan dating dan dengan begitu masalah yang dimilikinya juga akan segera selesaikan dengan yang baik.

 

3.      Mengevaluasi diri sendiri

dengan melaukan evaluasi diri akan melatih untuk menemukan berbagai solusi dari masalah yang dihadapinya. Kemudian, dengan evaluasi juga kita mengetahui bahwa ada hal-hal yang terkadang terlewatkan. Dengan demikian, keterampilan memanajemen diri sendiri akan membaik dan meningkat. 

=