Notification

×

Iklan

Iklan

Kemendagri Luncurkan Tim Tahap 3 Pendampingan, Pemantauan dan Penyampaian Bantuan Bencana Erupsi Gunung Semeru

17 Desember 2021 | Jumat, Desember 17, 2021 WIB | Last Updated 2021-12-17T02:08:58Z

 

Serambiupdate.com  Direktur Jendral Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri Dr. Safrizal ZA , melakukan pelepasan anggota tim perdampingan dan pemantauan Bencana Erupsi Gunung Semeru, bertempat di Gedung A Kemendagri, Rabu (15/12/21). Kegiatan ini dalam rangka menindaklajuti upaya cepat tanggap pemerintah dalam memberikan bantuan dan melepas Tim pendampingan dan pemantauan bencana erupsi gunung Semeru  sesuai arahan dan  di pimpin oleh  Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pada korban bencana erupsi Gunung Semeru di wilayah Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.


Dalam sambutannya, Safrizal menyampaikan bahwa Tim Tahap 3 telah siap diberangkatkan pada tanggal 15 s.d 18 Desember 2021 dengan jumlah personil 10 orang. Kendaraan yang berangkat sebanyak 3 unit. bantuan kemanusiaan yang dibawa sebanyak kapasitas 1 unit truk 3/4 dan 2 unit kendaraan double cabin. 

"Tim Pendampingan Pemerintahan Daerah ke Kabupaten Lumajang dan Pemantauan bencana erupsi gunung Semeru akan menginventarisir kebijakan dan langkah-langkah yang sudah dilakukan Pemerintah Kabupaten Lumajang dalam penanganan bencana erupsi gunung semeru. tentunya tim juga akan melakukan koordinasi dan pendataan agar pelayanan pemerintahan tingkat kabupaten dan kecamatan yang terdampak dapat tetap berjalan secara optimal." Kata Safrizal.



Keluarga besar Kemendagri juga menyerahkan bantuan sarana prasarana berupa 2 unit motor trail dan 1 unit fire pump portable, diikuti juga dengan menyerahkan bantuan kemanusiaan kepada posko Benana Pemerintah Kabupaten Lumajang untuk selanjutnya didistribusikan kepada masyarakat korban bencana lainnya berupa :

- 300 pcs perlengkapan tidur

- 600 pcs perlengkapan ibadah

- 3 dus perlengkapan mandi

- 900 pcs perlengkapan mandi 

- 15 dus perlengkapan bayi

- 42 dus makanan dan minuman

- 7 dus pakaian

- 4 dus perlengkapan wanita

- 8.400 masker kain 


Ia juga berpesan agar anggota tim pendampingan dan pemantauan bencana erupsi gunung Semeru yang diberangkatkan agar dapat terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah Kabupaten Lumajang dan Pemprov Jatim untuk terus memantau kebijakan yang diambil agar selaras, juga ia berpesan untuk memfasilitasi administrasi yang kurang berjalan lancar dan segera laporan agar dikirim bantuan yang akan mewadahi. 


=