Notification

×

Iklan

Iklan

Kemajuan Teknologi Informasi dan Akuntansi

04 Desember 2021 | Sabtu, Desember 04, 2021 WIB | Last Updated 2021-12-04T03:09:00Z

 


 

Dwi Widya Ciptaningrum

Mahasiswa STIE JIC Jurusan Akuntansi


Dalam era bisnis global, dampak kemajuan teknologi informasi tidak dapat dihindarkan lagi, seperti penggunaan telepon, komputer dan dan peralatan telekomunikasi lainnya dalam berbagai aktivitas sarana berkomunikasi perusahaan. Teknologi pada saat ini memudahkan siapa pun untuk mendapatkan informasi dari tempat yang berjauhan dalam waktu yang singkat dan dengan biaya yang murah.

Lingkungan ekonomi yang dihadapi banyak perusahaan menuntut adanya perkembangan terhadap praktek-praktek akuntansi yang inovatif dan relevan. Persaingan gelobal menjadi tekanan yang mengubah lingkungan ekonomi saat ini. Maka sIstem akuntansi secara manual sekarang jarang digunakan lagi.

Sistem akuntansi harus mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi. Selain itu, kemajuan teknologi memberikan dampak perubahan industri yang menuntut adanya kriteria penilain kerja perusahaan. Kriteria ini menyebabkan bidang akuntansi untuk dapat menyajikan informasi keuangan yang relevan, tepat waktu, lengkap, mudah dipahami agar memudahkan perusahaan dalam pengambilan keputusan atau membuat strategi.

Contoh implentasi teknologi informasi dalam bidang akuntansi, Activiy Based Coasting (ABC), teknologi yang diterapkan untuk mengolah informasi biaya sehingga dapat memberikan kejelasan mengenai sumber atau penyebab dari pos-pos biaya secara cepat dan teroganisir.

Pada masa sebelum teknologi informasi ini berkembang sistem akuntansi ini dilakukan secara manual, mulai dari pembukuan, pencatatan pengeluaran dan pemasukan, dan hasil keuangan pada perusahaan. Dengan cara ini untuk era bisnis global dirasa kurang efisien dan sulit dipahami bahkan dari segi waktu sistem akuntansi manual ini juga lebih memakan banyak waktu dibandingkan dengan teknologi sekarang.

Teknologi informasi pada masa kini memang sangat membantu memudahkan pekerjaan seorang akuntan namun, tekologi zaman sekarang pun juga memiliki kelemahan, jika pada sistem mengalami error maka pekerjaan seorang akuntan pun akan terhambat dan menimbulkan tumpukan pekerjaan untuk laporan keuangan perusahaan.

Apakah peran seorang akuntan akan digantikan oleh sistem komputer?. Jawabannya adalah tidak, seorang akuntan tidak akan digantikan oleh sistem komputer. Persyaratan standar akuntansi terkadang memaksa manajer untuk membuat pertimbangan dan kebijakan dalam proses penyusunan statemen keuangan. Hal ini juga akan meningkat sejalan dengan peningkatan kompleksitas bisnis global. Aspek inilah yang jadi alas an bahwa peran seorang akuntan tidak dapat digantikan dengan teknologi.

 

       

=