Notification

×

Iklan

Iklan

IKM SPs Uhamka Usung Kelas Ibu Hamil di Bojong Menteng

24 Desember 2021 | Jumat, Desember 24, 2021 WIB | Last Updated 2021-12-24T05:46:07Z


Serambiupdate.com
Ilmu Kesehatan Masyarakat Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr HAMKA berhasil melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan melakukan koordinasi dengan Kepala Puskesmas bojong Menteng kota Bekasi pada tanggal 2 Desember 2021, kemudian melakukan deteksi dini Kesehatan mental ibu hamil 3-5 Desember 2021, dan penyuluhan manajemen stress ibu hamil tanggl 7 Desember 2021. 


Bersama dengan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Uhamka, kegiatan ini merupakah hasil luaran dari program Program Kerjasama Mitra (PKM) dalam pengabdian masyarakat  dengan menawarkan solusi antara lain dengan pelatihan manajemen stress dan relaksasi pada Ibu Hamil melalui Kelas Ibu di Puskesmas Bojong Menteng.


Pada 3 s.d 5 Desember tim pengabdian melakukan deteksi dini Kesehatan mental ibu hamil. Deteksi ini, sebagaimana disampaikan kepada kepala Puskesmas sebagai dasar untuk menentukan peserta pelatihan. Dari hasi deteksi dini ditemukan 14 ibu hamil (31,1%) ibu hamil yang mengalami gangguan mental (stress) kehamilanselama kehamilan, dan mereka wajib mengikuti pelatihan. 


Kegiatan dilaksanakan pada hari selasa 7 Desember 2021 di Aula Puskesmas Bojong Menteng, Rawalumbu, Kota Bekasi. Peserta hadil sebanyak 27 orang terdari dari 22 ibu hamil dan 5 kader kesehatan. Kegiatan penyuluhan diawali Sambutan oleh Kepala Puskesmas Bojong Menteng, Nina Febriany, S.Farm, Apt, MKM, dilanjutkan sambutan Ketua Tim, yaitu Dr. Tati nutyati, SKM,M.Kes, kemudian pemaparan materi tentang anajemen stress ibu hamil dan tanya jawab oleh Dr. Tati Nuryati, SKM, M.Kes selaku Dosen Prodi IKM SPs Uhamka. 


Pemaparan materi meliputi pengertian stress, tanda gejala stress, faktor penyebab stress selama kehamilan, dampak stress pada ibu hamil, risiko stress dan cara mengatasi stress pada ibu hamil. Dilanjutkan Praktik mengatasi stress dengan relaksasi oleh Dr. Handayani, S.SiT, M.Kes selaku Dosen Prodi IKM SPs Uhamka. Sebelum praktik narasumber menjelaskan tentang jenis relaksasi, manfaat dan cara melakukannya. Kemudian seluruh ibu hamil diajak mempraktikan relaksasi dipandu langsung oleh narasumber dengan diiringi music relaksasi. Setelah praktik relaksasi narasumber menanyakan apa yang dirasakan ibu hamil. Sebagian besar menjawab lebih rileks dan merasa lega.


Pada sesi akhir dilakukan evaluasi belajar dengan memberikan pertanyaan seputar materi yang telah disampaikan dimana  peserta yang bisa menjawab mendapatkan hadiah dari panitia. Kemudian akhir acara ditutup dengan membacakan doa, dan selanjutnya sesi foto-foto sebagai bukti dokumentasi .

 

=