Notification

×

Iklan

Iklan

Berstatus Siaga, Beberapa Daerah di Bangka Belitung Berpotensi Banjir

16 Desember 2021 | Kamis, Desember 16, 2021 WIB | Last Updated 2021-12-16T08:09:45Z


Serambiupdate.com
Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), lima dari tujuh pemerintah/kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung harus bersiap menghadapi banjir. 


Mikron Antariksa, Kepala BPBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengungkapkan bahwa daerah-daerah yang diharuskan bersiaga menghadapi banjir, yakni Kabupaten Bangka Barat, Bangka Selatan, Bangka Tengah, dan belitung, serta Kota Pangkalpinang.

 

Level siaga darurat banjir di Bangka Barat dan Bangka Selatan telah ditetapkan oleh pemerintah provinsi sedangkan level siaga darurat banjir di Bangka Tengah, Belitung dan Pangkalpinang telah ditetapkan oleh pemerintah provinsi oleh pemerintah kabupaten/kota. 

 

Mikron Antariksa menyampaikan, "Kawasan yang berlevel tanggap darurat  tingkat kabupaten/kota beranjak menjadi daerah tanggap darurat  tigkat provinsi. Oleh karena itu, BPBD bekerja sama dengan pemerintah kabupaten/kota untuk menetapkan status kebencana ini."

 

Penetapan ini dimaksudkan untuk mempermudah pencairan dana penanggulangan bencana. 


Abdul Fatah, Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung mengungkapkann bahwa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sudah mengeluarkan peringatan dini tentang potensi dampak  fenomena La Nina di kawasan Bangka Belitung. 

 

Menurutnya, daerah seperti Pangkalpinang, Bangka Tengah, Bangka dan Bangka Barat telah menghadapi dampak peningkatan curah hujan akibat fenomena La Nina. (pr)

=