Notification

×

Iklan

Iklan

Bank Syariah Dikabarkan Berperan Strategis Jadikan Indonesia Pusat Keuangan Syariah Dunia

10 Desember 2021 | Jumat, Desember 10, 2021 WIB | Last Updated 2021-12-10T03:08:00Z

 


Oleh ; Chatny Berlian Agustin

Mahasiswa STIE JIC

Dilansir dari kompas com. Wakil presiden Ma’ruf Amin menilai, salah satu cara agar Indoensia menjadi pusat keuangan syariah dunia adalah dengan peranan strategis bank syariah. Dikabarkan pemerintah telah menguatkan komitmennya dalam hal ini, salah satunya dengan menggabungkan tiga bank syariah milik BUMN menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI). “Bank Syariah memiliki peran strategis untuk mencapai cita-cita Indonesia menjadi pusat keuangan syariah dunia” kata Ma’ruf, bank syariah merupakan pilar penting dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah lainnya. Khususnya dalam industri produk halal dan perluasan usaha syariah. Oleh karena itu, kata dia bank syariah di masa depan setidaknya memiliki tiga peranan penting. “pertama, memfasilitasi permodalan kepada pelaku yang bergerak do Industri produk halal. Kedua, memberikan akses kepada seluruh pelakubisnis, baik besar, menengah, maupun kecil. Ketiga, dapat melayani transaksi besar dan bertaraf global,” kata dia

BSI Syariah sendiri merupakan gabungan dari PT BRI Syariah Tbk (BRIS), PT Bank Syariah Mandiri (BSM), dan PT BNI Syariah (BNIS). Penggabungan ini tentunya banyak memicu pro dan kontra, banyak masyarakat yang masih awam mengenai apa itu bank syariah? Apa bedanya dengan bank lain? Bagaimana sistem kerjanya?. Tentunya dengan hal ini, pemerintah pun sudah menyiapkan tim edukasi untuk mengedukasi masyarakat mengenai Bank Syariah Indonesia ini. Dikabarkan bahwasanya penggabungan ketiga bank menjadi bank syariah ini berupaya untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat keuangan syariah di dunia. Bagaimana tidak? BSI sendiri hadir karena penggabungan ketiga bank BUMN di Indonesia.

Bank syariah sendiri ditargetkan untuk orang-orang yang terkadang berfikir bahwasanya keuntungan di bank itu riba. Sehingga diciptakannya lah bank syariah, yang menganut sistem sesuai kaidah agama dan aturannya. Bank syariah yang pertama kali  hadir di Indonesia ialah Bank Muamalat Syariah. Dengan hadirnya bank syariah untuk yang pertama kali, ternyata respon dan tanggapan dari masyarakat pun baik mengenai bank syariah ini. Perkembangan bank syariah pun semakin luas, yakni dengan hadirnya di berbagai macam bank yang ada di Indonesia. Apalagi sekarang Indonesia telah menggabungkan bank syariah milik BUMN negara sebagai Bank Syariah Indonesia.

Konsep daripada bank syariah itu sendiri tentunya tindakan menggunakan bunga 1% pun dalam keuntungannya. Tabungan yang kita simpan dalam bank tersebut pun pure 100% milik kita. Tidak ada pengurangan maupun penambahan, sehingga hal ini tentu memudahkan masyarakat dalam mencari bank yang 100% memang itu uang milik kita. Banyak Universitas yang juga menyediakan jurusan manajemen keuangan syariah, ekonomi bisnis syariah, dan lain-lain. Hal ini tentu berupaya agar para penerus bangsa dapat mencapai tujuan dari pembentukan bank syariah ini. Semakin banyak dan berkembangnya bank syariah di Indonesia, tentu akan semakin memudahkan tujuan kita yakni menjadikan Indonesia sebagai salah satu pusat keuangan syariah di Indonesia.

Hadirnya jurusan manajemen keuangan yang memoelajari tentang keuangan syariah tentu bisa dijadikan sebagai salah satu upaya untuk semakin memperkenalkan ke masyarakat bahwasanya ada cara untuk mengatur keuangan tanpa takut hal tersebut akan terbilang riba. Manajemen keuangan yang baik pun diperlukan untuk mendukung tujuan tersebut. Dilansir dari Bisnis.com, Jakarta- bahwa Manajemen keuangan menjadi salah satu persoalan yang dihadapi oleh sebagian besar penduduk Indonesia. Hal ini terlihat dar hasil survei yang dilakukan oleh Organization for Economic Co-operation and Development (OECD). Dalam laporan survei tersebut terlihat sebanyak 46 persen responden di Indonesia mengaku dana darurat yang dimiliki hanya dapat menyambung hidup selama satu minggu. Hal ini tentu menjadi alasan kenapa manajemen keuangan itu diperlukan baik dalam kehidupan sehari-hari.

 

=