Notification

×

Iklan

Iklan

Banjir dan Badai disebabkan Cuaca yang Ekstrim

09 Desember 2021 | Kamis, Desember 09, 2021 WIB | Last Updated 2021-12-09T06:51:11Z


Syifa Nurfadilah 

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat FIKES Uhamka


Cuaca ekstrem terjadi di perairan Selat Sunda terutama pada malam hari. Penumpang kapal ferry yang menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni–Merak atau sebaliknya mengalami hambatan saat berada di tengah laut dan saat sandar di dermaga.


Keterangan yang diperoleh Republika, Jumat (3/12), penumpang kapal ferry dari Merak tujuan Bakauheni menceritakan perjalanan malam hari terjadi gelombang tinggi di tengah laut. Kondisi kendaraan dalam kapal ferry mengalami goncangan, namun tidak terguling. Sedangkan saat mau sandar di dermaga harus menunggu lama.


Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan status waspada potensi banjir di wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan imbas dari cuaca ekstrem . Adapun status waspada hanya pada hari ini, Minggu (5/12/2021).


"Berdasarkan hasil analisis data dari BMKG dengan Impact Based Forecast (IBF) serta BNPB dengan InaRisk, maka perlu diwaspadai potensi Banjir. Status WASPADA BANJIR. Adapun wilayah yang berpotensi meliputi; Jawa Barat terdiri dari Bogor dan Sukabumi, DKI Jakarta terdiri dari Jakarta Timur dan Jakarta Selatan, Jawa Tengah terdiri dari Pati dan Banyumas, Jawa Timur terdiri dari Pasuruan, Mojokerto dan Gresik, terakhir Kalimantan Timur terdiri dari Kutai Kertanegara," tulis akun Instagram @bpbddkijakarta.

 


=