Notification

×

Iklan

Iklan

UNKRIS adakan Penyuluhan dan Sosialisasi Terkait Koperas dan BUMDes Sebagai Upaya Pengembangan Desa

04 November 2021 | Kamis, November 04, 2021 WIB | Last Updated 2021-11-04T06:44:05Z


Serambiupdate.com
Universitas Krisnadwipayana (UNKRIS) melalui  Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) pada hari Rabu (27/10) selenggarakannya sosialisasi dan penyuluhan yang berkaitan dengan koperasi, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), serta bidang pariwisata Desa Tugu Utara.

 

Kegiatan yang diharapkan untuk meningkatkan potensi Desa ini dihadiri oleh segenap undangan salah satunya Ayub Muktiono selaku Rektor UNKRIS, Asep Ma'mun Manawi sebagai Kepala Desa Tugu Utara, dan Siswantari Pratiwi sebagai Ketua LPM UNKRIS, serta undangan lainnya.

 

Ayub Muktiono selaku Rektor UNKRIS dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk terealisasikannya sinergitas UNKRIS dengan pengembangan Desa Tugu Utara yang nantinya dapat bermanfaat bagi masyarakat setempat.

 

Ia melanjutkan, "Kemitraan dan kerja sama ini  merupakan salah satu upaya menjalankan program pemerintah terkait dengan kampus merdeka berupa Kuliah Kerja Nyata (KKN), dimana mahasiswa nantinya akan turun langsung di masyarakat untuk membantu dan menjalankan program-program yang sudah mereka buat."

 

Ketua LPM UNKRIS, Siswantari Pratiwi mengatakan bahwa kegiatan ini akan diisi oleh seorang yang ahli dalam bidangnya seperti, Fathoni selaku Dosen Fakultas Ekonomi.

 

Siswantari Pratiwi melanjutkan bahwa nantinya dalam kegiatan penyuluhan dan sosialisasi ini mahasiswa yang terikat dengan kegiatan ini akan melakukan pengidentifikasian kebutuhan masyarakat Tugu Utara terkait BUMDes dengan berdialog langsung bersama masyarakat.

 

Dengan adanya mahasiswa diharapkan akan membantu masyarakat dalam mengembangkan program koperasi desa dimana nantinya akan dibentuk struktur dan keanggotaan dalam program tersebut, seperti yang dikatakan Fathoni, "Dalam meningkatkan program koperasi desa maka diperlukannya pembentukan struktur keanggotaan serta dibuatnya legalitas badan hukum dan pengelolaan administrasi keuangan yang nantinya program tersebut dapat bergerak secara maksimal."

 

Asep Ma'mun selaku Kepala Desa Tugu Utara menyampaikan rasa terima kasih dan harapannya dari kegiatan ini. "Dengan ditetapkan dan dilaksanakannya kerja sama ini saya mengucapkan terima kasih dan berharap kegiatan ini dapat bermanfaat dan berpengaruh untuk kemajuan desa," tutupnya.

=