Notification

×

Iklan

Iklan

Student Exchange FKG Universitas Airlangga terkait Program MBKM

04 November 2021 | Kamis, November 04, 2021 WIB | Last Updated 2021-11-04T06:10:30Z


Serambiupdate.com
- Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) telah diikuti oleh Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Airlangga (Unair) .  Wakil Dekan 1, Unair, Ira Widjiastuti mengatakan, sebelum adanya program MBKM kegiatan pembelajaran di luar kampus sejak lama sudah diterapkan FKG. 


“Sebagai prodi bidang kesehatan, FKG sudah sejak lama memiliki program magang di luar kampus. Perbedaannya dengan program MBKM ini hanya jumlah konversi SKS-nya saja,” tutur Ira Widjiastuti.


Ira Widjiastuti menyebutkan, salah satu dari beberapa program FKG terkait MBKM adalah student exchange yang bekerja sama dengan mitra di Jepang, magang, serta penelitian PKM yang memang dapat dikonversikan ke dalam kegiatan KKN atau skripsi.


“Untuk kedepannya kami akan memperluas kerja sama dengan mitra seperti rumah sakit, puskesmas, dinas kesehatan, dan berbagai perguruan tinggi lainnya. Selain itu, kami juga berharap semoga nantinya FKG mendapatkan tawaran program IISMA yang relevan sehingga mahasiswa kami bisa turut berpartisipasi,” ujar Ira Widjiastuti


Terkait dengan kerja sama mitra, Ira menuturkan kemungkinan FKG akan melakukan kerja sama dengan beberapa bidang ilmu di luar FKG.


Ira menambahkan, saat ini FKG tengah melakukan perubahan kurikulum untuk menyesuaikan tuntutan belajar 20 SKS di luar kampus.


“Ini merupakan hal yang baru untuk kami, tuntutan 20 SKS membuat kami harus menyusun perubahan kurikulum yang biasanya digunakan. Oleh itu, FKG masih mendiskusikan proses re-design kurikulum ini,” tutur Ira.


Dengan adanya MBKM, Ira berharap melalui program itu dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa untuk menunjang persiapan kariernya. 

=