Notification

×

Iklan

Iklan

Rumah hingga Mobil Ikut Terseret Banjir Bandang di Garut

27 November 2021 | Sabtu, November 27, 2021 WIB | Last Updated 2021-11-27T11:44:32Z


Serambiupdate.com
Banjir bandang melanda Desa Ciloa, Desa Sukamukti, Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut pada Sabtu (26/11). Banjir terjadi setelah Garut diguyur hujan deras pada Sabtu siang.


Kejadian ini dibenarkan oleh Satria Budi, Kepala Pelaksana BPBD Garut  bahwa banjir bandang melanda beberapa wilayah di Kecamatan Sukawening. 

 

Satria Budi menjelaskan, "Iya betul, di Sukamukti Sukawening sudah terjadi banjir dan saya kini sedang dalam perjalanan ke sana." 

 

Selain  Desa Sukamukti, banjir bandang juga melanda Desa Maripari, Kecamatan Sukawening. 

 

Ganda, Warga Maripari mengatakan bahwa terdapat dua rumah dan satu mobil desa tersapu banjir. 

 

Ganda mengungkapkan, “Dua rumah di Munjul tersapu banjir bandang dan mobil dinas desa juga hanyut.”

 

Menurut perkiraan BMKG hujan akan turun di Bandung dan sebagian daerah di Jawa Barat pada pekan terakhir November 2021.  Kota Bandung pekan lalu sempat tidak  hujan selama beberapa hari.

 

Teguh Rahayu, Kepala BMKG Bandung mengatakan bahwa saat ini angin Monsun Asia yang meningkat juga mempengaruhi cuaca di Bandung. 


Dari hal itu maka berdampak pada meningkatnya pembentukan awan.  


Teguh Rahayu menambahkan, "Aktivitas pertumbuhan awan konvektif di wilayah Jawa Barat secara umum menyebabkan curah hujan di wilayah Jawa Barat dan Bandung Raya mulai meningkat."


Terdapat pula pengaruh Siklon Tropis Paddy yang  tidak aktif lagi. Dimana fungsi dari Siklon Tropis Paddy bekerja memecah awan agar hujan tidak turun di Kota Bandung  pada 20 hingga 24 November 2021. 


"Dengan tidak aktifnya Siklon Tropis Paddy, kemungkinan curah hujan akan kembali normal  seperti sedia kala," tutur Teguh Rahayu.


Dengan peningkatan curah hujan pada akhir November, ia mengimbau masyarakat untuk waspada akan datangnya banjir, banjir bandang, dan tanah longsor. 


Lanjut Teguh Rahayu, "Untuk orang-orang yang sedang dalam perjalanan di jalan raya, jika terjadi kondisi cuaca buruk seperti angin kencang, harap segera berhenti dan masuk ke dalam gedung, hindari berlindung di bawah pohon besar saat kondisi seperti itu.  Dan juga menjauh dari tebing jika sedang berada di daerah perbukitan." (pr)

=