Notification

×

Iklan

Iklan

Pelatihan Pustakawan dalam Meningkatkan Pengelolaan dan Pelayanan Perpustakaan

06 November 2021 | Sabtu, November 06, 2021 WIB | Last Updated 2021-11-06T05:10:28Z


Serambiupdate.com
- Upaya dalam meningkatkan fungsi perpustakaan dan kemampuan tenaga pengelola perpustakaan dilaksanakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) Kabupaten Nganjuk. Kegiatan ini dilakukan dengan cara melatih para pustakawan, khususnya pengelola perpustakaan SMP di seluruh Kabupaten Nganjuk.


Kabid Perpustakaan Dinas Arpus Kabupaten Nganjuk, Purwo Bujono mengatakan, salah satu sumber ilmu di sekolah adalah perpustakaan yang ada di sekolah. Sejalan dengan hal tersebut pihaknya berupaya menggerakkan fungsi dan peran perpustakaan agar berjalan maksimal.


“Banyaknya ragam refrensi pendidikan dan ilmu untuk semua kalangan yang tersedia di perpustakaan. Siswa maupun guru dapat belajar dari perpustakaan," ujar Purwo.


Dikatakan Purwo, di samping meningkatkan kemampuan pustakawan, untuk meningkatkan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan diperlukannya usaha terus-menerus. Hal ini bertujuan agar perpustakaan mampu memberi layanan yang berkualitas serta bermutu pada siapa saja.


"Untuk meningkatkan pengelolaan dan pelayanan itu bisa didapatkan dari kompetensi staf perpustakaan yang berkualitas, selain dari kelengkapan koleksi pustaka dan mutu perpustakaan,” ucap Purwo.


Ditambahkan Kasi Pembinaan dan Pengembangan Dinas Arpus Kabupaten Nganjuk, Rusminah, pihaknya berharap dari pelatihan tersebut mendapat banyak manfaat. Yaitu supaya para pustakawan dapat melaksanakan tugasnya sehari-hari dengan maksimal.


"Pedoman pengelolaan perpustakaan sekolah, strategi pengembangan perpustakaan sekolah, personal branding dan soft skill pengelola perpustakaan yang semuanya sangat dibutuhkan adalah materi yang diberikan dalam upaya pengembangan perpustakaan,” tutur Rusminah.

=