Notification

×

Iklan

Iklan

Waspadai Laut China Selatan

01 Oktober 2021 | Jumat, Oktober 01, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-01T08:52:51Z


Muhamad Guntur

Mahasiswa Kesehatan Masyarakat FIKes UHAMKA


Pemerintah perlu menyiapkan skenario jelas untuk menyelesaikan persoalan di Laut China Selatan ini karena bisa berdampak sangat besar terhadap keamanan kawasan ASEAN.


Pemerintah tidak boleh gamang menghadapi peta politik dunia dan kawasan, terutama dalam kasus Laut China Selatan. Kita perlu waspada dan bersikap antisipatif karena menyangkut harkat dan martabat bangsa.


Beberapa hari lalu, ada kabar bahwa nelayan kita mendapati kapal perang China di wilayah perairan Indonesia. Kehadiran kapal perusak China, Kunming-172, di wilayah Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia pada Senin (13/9/2021) adalah ancaman terhadap kedaulatan RI.


Oleh karena itu, pemerintah perlu menyiapkan skenario jelas untuk menyelesaikan persoalan di Laut China Selatan ini karena bisa berdampak sangat besar terhadap keamanan kawasan ASEAN.


Kita perlu melibatkan seluruh kekuatan bangsa dari unsur Kementerian Pertahanan, Kementerian Luar Negeri, TNI, Polri, serta pengamat pertahanan dan masyarakat sipil untuk menggelar diplomasi tingkat tinggi.Menentukan posisi paling strategis bagi kepentingan NKRI, memperkuat daya tawar di kawasan sengketa, dan berkoalisi dengan sejumlah negara yang dirugikan klaim China atas Laut China Selatan.


Antisipasi harus dilakukan sejak dini jangan sampai kita mengulang kesalahan di awal pandemi Covid-19 ketika ada pejabat yang optimistis bahwa Indonesia tidak akan dilanda pandemi dan bebas Covid-19.

=